Tampil Beda, Kamera Aksi Panasonic Tantang GoPro

Manager Audio & Digital Imaging Product Marketing, Panasonic Gobel Indonesia, Agung Afiefandi

Manager Audio & Digital Imaging Product Marketing, Panasonic Gobel Indonesia, Agung Afiefandi

JAKARTA, PCplus – Kamera aksi (action camera) sedang naik daun di seluruh dunia. Kamera tangguh ini mampu merekam aktivitas penggunanya tanpa kenal medan dan cuaca. Becek, basah, berdebu, tak jadi masalah. Umumnya action camera berfisik kompak.

Di pasaran dunia, ada banyak merek kamera aksi (kadang-kadang juga dilabeli sebagai kamera sport dan aksi alis sport & action camera) dijajakan. Yang paling dikenal, termasuk di tanah air, adalah GoPro. Selain itu ada sejumlah merek lain, mulai dari merek terkenal seperti Kodak, Polaroid, Sony, Panasonic, veho sampai merek-merek asal Tiongkok. Di Indonesia, untuk merek Jepang kamu sudah bisa mendapatkan Panasonic HX-A1.

Diperkenalkan di Jakarta (9/7/2015), menurut Agung Ariefandi (Manager Audio & Digital Imaging Product Marketing, Panasonic Gobel Indonesia), Panasonic HX-A1 tidak sama dengan produk para pesaingnya. Ketika para saingan, termasuk GoPro, memamerkan bentuk serba kotak, HX-A1 tampil beda dengan fisik silinder. Sekilas, fisiknya mirip sebuah senter LED.

“Enteng dan tangguh, 45 gram. Paling ringan di kelas action camera. Sudah IPX8 sehingga waterproof, juga shock proof, dust proof dan freeze proof sampai -10 derajat Celcius,” papar Agung. Untuk ketahanan terhadap air (IPX-8 compliant), Panasonic mengklaim sampai kedalaman 1,5 meter. Sedangkan untuk efek jatuh (IPX6-compliant), Panasonic menyebutnya tetap bisa bekerja kendati terjatuh dari ketinggian maksimal 1,5 meter.

Fisik HX-A1 yang mungil dan enteng membuat kamera aksi ini enak dikenakan di bagian tubuh kamu (wearable). Kamu boleh saja memasangnya di helm, bingkai kacamata, atau di strap tas punggung (dengan multi-mount) untuk merekam aksimu saat balapan sepeda atau sepeda motor, atau mountain climbing. Kamu juga boleh menggantungnya (dengan bantuan strap adaptor) ke carabiner atau strap saat memanjat tebing.

Kendati tidak memiliki layar displai, kamu tetap bisa mengecek apakah sudut pengambilan gambarmu sudah oke. Caranya, koneksikan HX-A1 ke smartphone/tablet melalui fitur Wi-Fi Direct, agar gambar ditampilkan di layar smartphone atau tablet. Yang perlu dicatat, kamu tidak bisa merekam langsung ke smartphone. Tapi cuma bisa langsung mentransfer hasil rekaman langsung ke smartphone/tablet. Hasil rekaman tadi bisa langsung kamu unggah ke jejaring sosial favorit. Untuk itu, kamu perlu mengunduh Panasonic Image App dari Playstore.

Untuk konektivitas, kata Agung, HX-A1 sama dengan kamera-kamera Panasonic lainnya. Ada Wi-Fi built-in, USB 2.0, jack mikropon dan speaker. Kamera ini mengusung sensor image CMOS dengan resolusi total 3,54 megapiksel. Ia bisa dipakai merekam video maupun foto. Panasonic membenamkan lensa Panasonic F2.8 dengan fokus fixed dengan jarak fokus minimal 30cm. Sedangkan sudut bidikan bisa dipilih antara 120 derajat dan 150 derajat.

Berbagai asesori standar dan opsional kamera aksi Panasonic HX-A1

Berbagai asesori standar dan opsional kamera aksi Panasonic HX-A1

Kamera aksi Panasonic HX-A1 hadir dalam dua pilihan warna: orange dan hitam. Dalam paket penjualannya sudah disertakan dua lensa (lensa standar dan lensa IR), multi-mount dan strap, tripod mount dan kabel charger. Asesori lainnya harus dibeli secara terpisah. Ini mencakup twin mount yang membuat kamu bisa memasang dua kamera aksi di satu housing untuk merekam arah depan dan belakang bersamaan atau untuk menempelkan lampu untuk merekam di kegelapan, baterai cadangan yang bisa membuat kamera beroperasi selama 2 jam 45 menit tanpa henti, strap adaptor, head mount, clip mount, suction cup mount, video camera mount, wind jammer dan multi belt.

Tanggapan Kamu

komentar