SmartCall: Solusi Telepon Murah Via Jaringan VOIP

ilustrasi

Teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) menawarkan alternatif bagi pengguna untuk berkomunikasi, khususnya telepon, dengan harga yang lebih terjangkau memanfaatkan koneksi internet. Hal inilah yang coba dihadirkan Smartfren melalui aplikasi besutannya yaitu SmartCall.

SmartCall adalah aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon secara gratis ke seluruh nomor telepon di Indonesia dan seluruh dunia. Lalu apa bedanya antara layanan Smartfren dengan aplikasi SmartCall?

Perbedaan utama terletak pada layanan tarif yang diterapkan. SmartCall menerapkan layanan nelpon dengan paket yang tersedia, berbeda dengan Smartfren di mana layanannya menggunakan tarif per menit. Untuk dapat menikmati panggilan ke seluruh nomor domestik dan internasional menggunakan SmartCall, pelanggan terlebih dahulu diharuskan untuk membeli paket menelepon yang telah disediakan.

SmartCall dapat digunakan di luar negeri tanpa terkena biaya roaming, baik untuk menelpon ataupun menerima telepon. Untuk menelepon, Anda akan dikenakan tarif yang sama seperti keadaan normal tanpa roaming. Untuk panggilan internasional dari nomor Indonesia ke nomor SmartCall, panggilan akan dikenakan tarif lokal. Asiknya lagi, meski merupakan produk dari Smartfren, aplikasi ini tetap bisa digunakan meski Anda bukan pelanggan dari operator tersebut.

User interface dan fitur

SmartCall memiliki tampilan yang sederhana. Anda akan menemukan menu Contact, Keypad, Messaging, Recent, serta fungsi lainnya melalui pilihan More. Pilihan tersebut sesuai dengan fungsi yang akan digunakan. Dengan tampilan tersebut, pengguna smartphone tidak akan bingung menggunakannya karena mirip dengan tampilan pada aplikasi telepon reguler.

interfaceAgar dapat menjalankan SmartCall, pertama kali Anda mesti melakukan registrasi guna mendapatkan nomor virtual Smartfren. Nomor virtual inilah yang dioperasikan saat menggunakan SmartCall, dan bukannya nomor telepon utama Anda. Setelah mengikuti langkah yang ditunjukkan secara benar, otomatis SmartCall akan langsung aktif dan bisa digunakan ke semua pengguna SmartCall dengan gratis.

Jika ingin menggunakan layanan lainnya, atau berkomunikasi ke operator lain, pastikan Anda mengisi pulsa nomor virtual top up ke outlet Smartfren atau melalui fasilitas on-line store. Setelah memiliki sejumlah kredit, Anda langsung bisa memanfaatkan layanan yang ada. Dengan SmartCall, Anda bisa melakukan telepon atau SMS menggunakan biaya yang berbeda dengan layanan telepon biasa. Anda tidak akan dikenakan biaya alias gratis selama melakukan telepon, berkirim SMS, atau menerima telepon saat roaming di luar negeri ke sesama pengguna SmartCall. Biaya tambahan baru akan dikenakan jika menelepon atau berkirim SMS ke semua operator di Indonesia.

biaya

Tiap komunikasi yang telah dilakukan akan tercatat pada menu Recent sehingga mengingatkan pengguna siapa saja yang telah menghubungi atau dihubungi sebelumnya. Anda bisa menyimpan nomor kontak, baik nomor virtual pengguna lain atau nomor reguler pada menu Contact. Sedangkan untuk menelepon bisa berpindah ke menu Keypad dan SMS ke menu Messaging.

Khusus pada menu More, Anda akan mendapati status akun virtual yang diantaranya terdiri dari nomor virtual dan juga jumlah kredit yang dimiliki. Jika ingin mengisi kredit Top Up bisa langsung menekan tombol Buy Package selama Anda masih memiliki akses dari SmartCall. Dari sini Anda bisa mengatur status apakah sedang online atau tidak.

menuKesimpulan:

Sebagai pesaing tidak langsung dari Skype, satu lagi hadir layanan VoIP yang menawarkan komunikasi bertelepon melalui internet secara mudah dengan harga terjangkau. Hanya cukup bermodalkan koneksi GPRS, SmartCall sudah bisa langsung digunakan untuk bertelepon atau SMS ke dalam maupun luar negeri dengan bebas roaming.

SmartCall

Pengembang: PVV Technologies

Lisensi: Gratis

Dukungan sistem: Android

Ukuran file: 1,6 MB

Situs: http://smartcall.smartfren.com/

Tanggapan Kamu

komentar