Salah Kirim E-mail? Ini Cara Batalkan (Unsend) E-Mail

Pernah mengklik “Send” pada e-mail dan menyesal kemudian karena salah kirim? Sepertinya semua orang pernah deh.

Ketika kamu sedang marah dan mengetikkan sesuatu yang seharusnya tidak ditulis, mengklik “Reply All” padahal seharusnya hanya “Reply,” atau tak sengaja mengklik tombol “Send” sebelum e-mail selesai ditulis, insting pertama kamu adalah mencari dan mengklik tombol “Undo”. Sayangnya tombol undo untuk e-mail tidak ada.

Jadi bagaimana dong? Hmm, kamu memang tidak bisa menarik kembali e-mail yang sudah dikirim, tetapi kamu bisa mengatur e-mail agar di kemudian hari kamu bisa membatalkan pengirimannya. Mau tahu caranya? Baca terus..

Kalau kamu pakai Google Gmail, ada fitur yang bisa melakukannya. Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak bertahun-tahun, tapi bersifat eksperimental dan tersembunyi.

Kini, fitur Undo Send tersebut sudah ditampilkan. Kamu cuma perlu mengaktifkannya.

Begini caranya:

1. Di akun Gmail kamu, klik ikon gear di sisi kanan atas dan pilih “Settings.”

gmail1

2. Pada tab “General”, gulung ke bawah dan cari “Undo Send.” Beri tanda centang pada kotak “Enable Undo Send,” dan pilih masa pembatalan.

gmail2

Kamu bisa memilih 5, 10, 20 atau 30 detik. Ini adalah lamanya waktu untuk menyadari bahwa kamu tidak bermaksud mengirimkan e-mail tadi dan menariknya kembali sebelum e-mail dikirimkan. Begitu ini kamu atur, gulung ke dasar layar dan klik tombol Save Changes” .

3. Nah kalau sekarang kamu mengklik tombol “Send” pada sebuah pesan, kamu akan melihat sebuah pesan di atas inbox Google kamu dngan sebuah tautan “Undo”,.

gmail34. Selama pesan masih tampil di layar, kamu bisa mengklik tautan “Undo” dan ia akan muncul kembali untuk disunting atau dihapus. Sederhana bukan?

Tanggapan Kamu

komentar