Mau Mulai Bisnis Startup? Tak Perlu Bikin Inovasi Baru!

gmicJAKARTA, PCplus – Bosan kerja kantoran dan ingin usaha sendiri? Kamu bisa membuat perusahaan startup. Kuatir dengan dana? Tak perlu pusing, nanti akan ada yang investor yang memberikan dana. “Rp 6 miliar sampai Rp 7 miliar,” kata Andy Zain (Managing Director, Mountain Kejora Ventures) saat ditemui di sela-sela Global Mobile Internet Conference di Jakarta (11/8/2015).

Untuk membuat perusahaan startup, kata Andy, sebenarnya kamu tidak usah susah-susah menciptakan inovasi baru. “Ide-ide bagus sudah ada, tinggal disesuaikan dengan kondisi Indonesia. Tidak harus inovasi baru. Tidak perlu ide kreatif,” tegas pria yang sudah membantu banyak startup di Indonesia.

Andy mencontohkan app untuk mencari pembantu atau supir. “Tidak usah ikut-ikut wearables,” sarannya.

Kamu merasa sudah terlalu berumur untuk memulai usaha sendiri? Justru menurut Andy, yang biasanya mau membangun perusahaan itu di tempatnya bukanlah anak-anak yang baru lulus kuliah. “Tetapi yang sudah bekerja, punya pengalaman di bidang tertentu. Jadi mereka bisa meng-online-kan (apa) yang offline. Hampir semua bidang bisa,” katanya.

Lalu bagaimana cara melamar menjadi startup yang kelak akan dicarikan pendanaan oleh perusahaan Andy yang kini digawangi 270 karyawan itu? “Yang penting punya tim yang kuat dan mengerti bidangnya. Nanti kita bikin business plan bersama-sama. Mereka juga harus berkantor di tempat kami selama 6 – 9 bulan. Setelah 9 bulan biasanya ada investor baru masuk,” urainya.

Tertarik? Silakan membentuk tim yang kuat dan ajukan proposalmu!

Tanggapan Kamu

komentar