Categories: Berita Teknologi

Tantang Unreal 4, Autodesk Masuk Bisnis Game Engine

JAKARTA, PCplus – Autodesk bukanlah pemain baru di bidang animasi 3D dan software profesional. Perusahaan menawarkan beragam tool desain untuk developer, seperti Maya, 3ds Max, Fusion 360, AutoCAD, Civil 3D, dan banyak lagi. Namun kamu tidak akan menemukan game engine di portofolio Autodesk.

Itu dulu. Diumumkan di Game Developer Conference (GDC) Europe 2015, Stingray menjadi pintu masuk Autodesk ke bisnis game engine. Stingray dibangun pada arsitektur berbasis data dari engine Bitsquid engine, yang diambil Autodesk pada 2014, dan mendukung banyak game development workflows standar industri. Ia juga menyertakan konektivitas ke software animasi 3D Autodesk untuk menyederhanakan pengembangan game di berbagai platform.

“Di antara Augmented Reality, Virtual Reality dan penyebaran mobile platforms, industri game mengalami transisi besar, dengan kompleksitas baru untuk AAA dan developer game indie. Autodesk mengembangkan Stingray dengan mempertimbangkan tantangan tersebut, dan kami bergairah membagikan debut ini dengan komunitas developer game,” kata senior vice president, Media & Entertainment Autodesk, Chris Bradshaw. “Stingray memudahkan dan membuat intuitif para arist dengan bergam set keterampilan dan pengalaman pemrograman untuk menciptakan generasi mendatang dari game-game blockbuster 3D , entertainment dan bahkan arsitektur..”

Stingray akan berkompetisi dengan game engine populer seperti Unreal 4 dan Unity 5, yang sudah mantap di pasar. Jelas tidak akan mudah bagi Autodesk untuk merebut pasar. Namun Autodesk yakin bisa menggaet studio kecil dan menengah yang staf pemrogramannya tidak banyak. Untuk menarik studio-studio kecil, Autodesk menyisipkan tool scripting node-based untuk drag-and-drop coding. Sedangkan untuk project yang lebih ambisius, disediakan Stingrays C++ source code dengan biaya tertentu.

Stingray engine berjalan pada Windows dan akan tersedia melalui program langganan Autodesk mulai 19 Agustus dengan tarif US$30 per bulan.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Recent Posts

VivoBook Flip 14 TP470 Laptop 2-in-1 Terbaru Asus

Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, laptop jenis convertible atau biasa disebut juga sebagai laptop 2-in-1…

12 hours ago

Cara Mining Bitcoin Gratis Lewat Handphone

Tak hanya mining, di dalam aplikasi tersebut kita bisa juga membeli, menjual, menukar, hodl, belajar…

5 days ago

Manfaatkan dlvr.it untuk Jadwal Posting di Instagram

Penyedia layanan manajemen media sosial yang bernama dlvrit ini memiliki fitur untuk bikin jadwal posting…

2 weeks ago

ASUS TUF Dash F15 (FX516), Laptop Gaming Pertama dengan 11th Gen Intel Core H Series di Indonesia

ASUS hari ini memperkenalkan laptop gaming pertama yang ditenagai prosesor 11th Gen Intel Core H-Series…

2 months ago

ASUS TUF Dash F15 (FX516), Laptop Terbaik untuk Belajar, Bermain, dan Berkarya

TUF Dash F15 (FX516) merupakan laptop gaming powerfull, all-rounder, dan cocok untuk pelajar serta mahasiswa.…

2 months ago

Tren Scan Barcode (QR Code) Bagi Industri Pariwisata Indonesia

Semua teknologi pada akhirnya ditujukan untuk mempermudah masyarakat dalam memanfaatkannya. Apalagi masa pandemi begini, sentuhan…

2 months ago