• Home »
  • Trik »
  • Laporkan Aplikasi Bermasalah di Windows Store dan Windows Phone Store

Laporkan Aplikasi Bermasalah di Windows Store dan Windows Phone Store

ilustrasi-store

kredit: www.windowscentral.com

Jumlah aplikasi di Windows Store bagi pengguna komputer atau Windows Phone Store bagi pengguna ponsel makin hari jumlahnya makin meningkat, seiring dengan makin banyaknya varian perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows versi desktop maupun mobile. Namun yang perlu diwaspadai, ternyata masih dijumpai sejumlah aplikasi yang justru malah membawa masalah pada perangkat yang digunakan.

Apakah kamu pernah menemukan aplikasi yang tidak sesuai dengan deskripsi yang tertera di Store? Atau aplikasi tersebut malah membuat perangkat ‘hang’? Jika menemukan aplikasi ‘aneh’, entah seperti contoh yang disebut diatas, atau ada aplikasi dicurigai ditunggangi malware, virus, atau sejenisnya, sebaiknya laporkan saja ke Microsoft.

Ketatnya seleksi yang dilakukan Microsoft tidak menjadikan ‘pengembang nakal’ tersebut kapok untuk menyisipkan aplikasi buatan mereka untuk berbagai tujuan. Sebagai pengguna, kamu bisa melaporkan jika menemukan aplikasi bermasalah tersebut ke Microsoft.

Setelah cara-cara tersebut dilakukan, kamu tinggal menunggu tindakan Microsoft selanjutnya. Microsoft sendiri akan meninjau setiap laporan yang masuk dan memeriksa apakah memang aplikasi yang dilaporkan bermasalah dan layak dihapus dari Store. Bagaimana caranya, begini langkah-langkahnya:

  • Cara melaporkan di Windows Phone 8.1

Dari Store, pilih aplikasi yang hendak dilaporkan. Geser ke kanan hingga ke posisi halaman Details. Geser ke bawah dan tekan Report concern to Microsoft. Nantinya akan diarahkan ke situs Windows Phone. Pastikan untuk login terlebih dahulu ke akun Microsoft yang dimiliki.

satu

Anda akan diarahkan ke halaman Laporkan Masalah. Disini Anda bisa menentukan pilihan dari alasan mengapa aplikasi tersebut Anda laporkan. Tekan Submit/Kirim untuk melanjutkan.

  • Cara melaporkan di Store Windows 8.1

Dari Store, tentukan aplikasi yang dimaksud tersebut, geser ke kanan sampai Anda melihat Report app to Microsoft, klik Report this app for violating the Store’s Terms of Use.

tigaAnda bisa memilih laporan yang tercantum sesuai dengan keluhan yang dijumpai. Pada kolom Reason, pilih salah satu diantaranya, seperti Offensive content (konten yang bersifat memojokkan atau menyerang), Child exploitation (eksploitasi anak), Malware or Virus, Copyright, trademark and other intellectual property concerns (masalah hal cipta), Not accessible to people with disabilities (tidak bisa digunakan oleh orang tertentu), serta Others. Jika kurang puas, Anda bisa menambahkan komentar pada kolom yang tersedia dimana penulisannya dibatasi hingga 500 karakter. Selanjutnya klik Submit untuk mengirim laporan tersebut.

empat

  • Cara laporkan lewat email

Anda juga bisa mengirim laporan melalui email dari komputer ke alamat [email protected]. Email tersebut mesti berisi informasi lengkap yang terdiri dari tautan aplikasi di Store, nama pengembang, nama aplikasi, wilayah atau region dimana aplikasi tersebut dipublikasikan. Sedangkan masalah yang dilaporkan mesti terkait dengan salah satu hal seperti offensive content, child exploitation, privacy concerns, spam content, serta hal-hal teknis seperti kinerja, penggunaan baterai, sampai crash.

Tanggapan Kamu

komentar