Bulan Depan, YouTube FanFest Hadir di Jakarta

youtubefanfestJAKARTA, PCplus – Kamu penikmat video streaming YouTube? Menggemari ‘artis’ tertentu? Jika ya, ada acara menarik bulan depan, yakni YouTube FanFest di Jakarta. Gratis!

Bagi yang belum tahu, YouTube Fanfest adalah acara live yang mempertemukan para bintang YouTube dari seluruh dunia di atas panggung. Mereka bisa berkolaborasi dan berinteksi langsung dengan para penggemarnya. “Semuanya adalah tentang fans.” kata Jasper Donat (CEO, Branded, Executive Producer, YouTube FanFest) dalam jumpa pers di Jakarta (7/9/2015).

Jasper Donat (CEO, Branded Ltd. Co-producer YouTube FanFest)

Jasper Donat (CEO, Branded Ltd. Co-producer YouTube FanFest)

YouTube FanFest biasanya menjadi ajang kolaborasi para artis lokal dengan artis global. Eh artis di sini bukan artis Hollywood ya, tapi artis di YouTube. Menurut Donat, artis di YouTube (disebut kreator) bahkan lebih beken dibandingkan artis Hollywood. Bethany Moka yang merupakan kreator terbesar di YouTube untuk bidang kecantikan (beauty) menurut Donat, punya lebih banyak penggemar dibandingkan artis Hollywood.

“Penonton YouTube bukan hanya anak-anak remaja, tapi setiap generasi yang mau berekspresi, ingin terhibur dengan orang-orang yang paling mirip dengan dirinya,” jelas Putri Silalahi (Communications Head, Consumer & YouTube, Google Indonesia).

Salah satu kekuatan YouTube, ungkap Putri, adalah kebebasan. “Tidak ada produser atau sutradara yang atur-atur konten. Juga tidak ada keharusan konten hanya untuk YouTube saja. Semua orang bisa jadi YouTuber. Kekuatan terbesar kreator adalah kolaborasi,” tegasnya. “Proses kolaborasi sangat penting, karena bisa saling belajar, berbagi tip,” tambahnya.

Digelar pertama kali pada Mei 2013 di Singapura, acara ini menjalar dengan cepat ke negara-negara lain. Di Canada, ada 20 ribu fans yang bertemu dengan para bintang YouTube pujaannya. “Di India 5,5 juta,” tutur Donat. Selain di Canada, YouTube Fanfest sudah digelar di Thailand, Filipina, dan Korea tahun ini. Jumat mendatang, kata Donat, acara live tersebut akan diselenggarakan di Australia dengan menghadirkan antara lain Bethany Mota dan Kurt Hugo Schneider.

Di Indonesia, kata Donat, YouTube FanFest akan digelar 23 Oktober mendatang di Hotel Sheraton dan Skenoo Hall, Gandaria City. “Tidak perlu bayar untuk datang ke acara red carpets yang menghadirkan artis lokal dan global ini. Di negara lain bayar, tapi di Indonesia gratis karena ada sponsor,” ucapnya. Sponsor yang dimaksud adalah HP dan Telkomsel Loop.

Lalu bagaimana mendapatkan tiket nonton gratisnya? Silakan daftar di website Youtubefanfest.com/ID pada 21 September jam 10.00 WIB. Tiketnya terbatas, jadi siapa cepat dia yang dapat.

skinnyindonesian24, Kurt Hugo Schneider dan Edho Zell berselfie dengan latar belakang para fans YouTube usai jumpa pers di Jakarta (7/9/2015)

skinnyindonesian24, Kurt Hugo Schneider dan Edho Zell berselfie dengan latar belakang para fans YouTube usai jumpa pers di Jakarta (7/9/2015)

O ya, siapa saja yang akan manggung di YouTube FanFest ini? Dari kreator lokal antara lain skinnyindonesian24, Edho Zell, Gamaliel Audrey Cantika (GAC), dan Jakarta Beatbox. Sedangkan kreator global antara lain Kurt Hugo Schneider, Bethany Mota, Macy Kate dan Mike Tompkins.

Tanggapan Kamu

komentar