Naik 4X, Konten Lokal YouTube di Indonesia

edho zell youtube2JAKARTA, PCplus – YouTube sudah menjadi cara baru untuk menikmati video di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Banyak anak muda lebih suka menonton video streaming via YouTube ketimbang nonton film di bioskop.

Bukan hanya film saja yang tersedia di YouTube, tapi juga klip-klip video lainnya. Ada yang tentang hiburan seperti musik dan komedi, ada juga yang bisa menambah pengetahuan dan wawasan seperti trik kecantikan dan fesyen. Nonton YouTube pun tak harus via komputer di rumah, tapi bisa dari perangkat mobile di mana saja dan kapan saja.

Penonton YouTube, ungkap Putri Silalahi (Communications Head, Consumer & YouTube, Google Indonesia) dalam jumpa pers di Jakarta (7/9/2015), juga bukan anak-anak remaja saja. “Tapi setiap generasi yang mau berekspresi, ingin terhibur dengan orang-orang yang paling mirip dengan dirinya,” jelasnya.

Di Indonesia, kata Putri, konten lokal YouTube tahun ini meningkat pesat. “Empat kali lipat dari tahun lalu. Contohnya Edho Zell (komedi) ditonton 70 juta kali. Hijab Natasha Fahrani 21 juta,” paparnya.

Putri menambahkan, jumlah watchtime alias waktu menonton YouTube di Indonesia pun bertumbuh pesat. “Naik 110% year on year,” ungkapnya. Di urutan teratas video yang paling disukai adalah kategori komedi. Urutan kedua adalah how-to seperti Hijab Natasha Fahrani.

Berpatokan pada angka-angka di atas, Putri yakin pertumbuhan konten lokal akan terus meningkat. “Kreator (istilah YouTube untuk pengunggah video di kanalnya) Indonesia tidak kalah dengan YouTuber lain di luar negeri,” pungkasnya. Ia mencontohkan Andien yang belum lama ini memanfaatkan video musik 360 derajat YouTube.

Tanggapan Kamu

komentar