Operator Mobile Internet Bolt ! Tinggalkan Super Speed

bolt ultra lteJAKARTA, PCplus – Operator mobile internet Bolt mengklaim pengguna jaringan Bolt 4G LTE-nya kini bisa menikmati kecepatan unduh maksimal 200Mpbs. “Kecepatan terbaik yang diantarkan,” kata David Gubiani (Chief Technology Officer, Bolt! Super 4G LTE) dalam jumpa pers di Jakarta tadi siang (21/9/2015).

Kecepatan ultra tersebut, tutur Gubiani, bisa diberikan karena operator 4G LTE pertama di tanah air ini sudah menyelesaikan tahap pertama dari implementasi LTE-A (LTE Advanced) dengan memanfaatkan software terbaik. “Paling mapan,” tegas Gubiani. Menggunakan perangkat Samsung Galaxy Note 5, ia lalu menunjukkan hasil kecepatan unduh via tool Ookla Speedtest di kisaran 192Mbps.

“Kami sudah lulus dari kategori Super Speed dan masuk ke Ultra Speed,” tegas Gubiani bangga. Ia mengklaim Bolt sebagai satu-satunya di pasar Indonesia yang mampu memanfaatkan kehebatan LTE-A. “Semuanya adalah tentang kecepatan,” tandasnya.

Cuma perlu diingat, kecepatan yang disebut ultra oleh Bolt ini tidak bisa tercapai di sebarang perangkat ya.  Sementara ini kecepatan ultra LTE itu hanya bisa dicapai jika kamu memakai perangkat yang sudah mendukung 4G LTE Cat 6, seperti Samsung Galaxy Note 5. Atau Samsung Galaxy S6 Edge+ yang bahkan sudah mendukung 4G LTE Cat 9. “Jaringan yang hebat perlu perangkat hebat,” alasan Gubiani.

Sekadar informasi, LTE-A adalah evolusi teknologi 4G yang memungkinkan kecepatan teoritis sampai 300Mbps dengan menggabungkan dua carriers dan perangkat  dengan teknologi LTE Cat 6. LTE-A Bolt bekerja di spektrum 2300MHz dan saat didemokan di kawasan Kemang, Jakarta bisa mencapai kecepatan unduh 190-an Mbps.

Eh tapi di mana lagi kita bisa menikmati kecepatan ultra LTE Bolt? “Kami fokus di pusat Jakarta: Tanah Abang, Kebayoran, Kemang, SCBD. Sepertiga dari 3500 BTS Bolt sudah mengantarkan carrier aggregation. Ini hanya soal software,” ungkap Gubiani.

Jangkauan Bolt sendiri, tambah Larry Ridwan (Chief Commercial Officer, Bolt! Super 4G LTE), sudah menjangkau 99,3% populasi di Jabodetabek. “3500 sites dan 1,5 juta pelanggan. Terbesar untuk 4G,” ungkapnya.

Desember mendatang, ungkap Gubiani, Bolt! akan memperluas jangkauannya ke Aceh dan kawasan Puncak.

Tanggapan Kamu

komentar