Seagate Jejalkan Storage 2TB di HDD Notebook 7mm

Seagate_Ultra_MobileJAKARTA, PCplus – Kapasitas hard disk makin hari makin mencengangkan. Kalau untuk enterprise Seagate sudah mengasurkan 8TB, untuk notebook pun kapasitas raksasa sudah disiapkan. Belum lama ini Seagate mengumumkan hard disk mobile barunya yang menyodorkan 2TB di balik badannya yang hanya 7mm itu.

Hmm, kapasitas 2TB di hard disk mobile memang bukan sesuatu yang baru. Tapi yang satu ini menawarkan densitas tinggi dalam fisik yang tidak tebal. Ini berarti kamu yang mendamba notebook supertipis pun bisa mendapatkan storage 2TB sekarang.

Kendati fisiknya tak besar, hard disk bekerja cukup baik karena sebenarnya ia terdiri dari dua piringan, masing-masing berkapasitas 1TB. Ini adalah pertama kalinya di dunia. Apa manfaat dual platter ini? Ini berarti hard drive head tidak perlu jalan jauh-jauh untuk mengakses area tertentu. dan karena hanya ada dua piringan, transfer antar-drive seharusnya juga sangatlah cepat.

Seagate mengatakan hard disknya adalah yang pertama memadukan komponen-komponen susbsitem recording, yang mencakup head, preamp, media, dan channel, demi mendapatkan densitas areal yang rapat. Secara keseluruhan, drive ini berbobot 3.17oz (90 gram), dan menurut Seagate harganya jauh lebih murah dibandingkan SSD pada densitas 1/8-nya. Namun Seagate belum memberitahukan harga hard disknya.

Tanggapan Kamu

komentar