YouTube, Bisa Lejitkan ‘Artis Amatir’ ke Seluruh Dunia

YouTubeJAKARTA, PCplus – Cari video yang bisa menghibur hati? Ah, ada YouTube, kanal video streaming yang gratis. Di sana kamu bisa nonton macam-macam, mulai dari komedi, video musik, sampai trik bagaimana caranya (how-to).

Video-video itu amatir, alias dibuat orang-orang biasa, bukan kalangan profesional. Namun hasilnya menjadi luar biasa karena mengena di hati penonton. Penonton ini bisa berasal dari belahan dunia mana pun, tanpa peduli usia maupun gender.

YouTube bahkan mampu melejitkan orang ‘biasa’ menjadi artis, bintang yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia, mengalahkan¬† artis Hollywood profesional.

Bintang (atau kreator) teratas di YouTube, tutur Putri Silalahi (Communications Head, Consumer & YouTube, Google Indonesia, adalah Bethany Mota dengan 9,7 juta pelanggan di seluruh dunia. Mota yang berusia 18 tahun terkenal berkat tip-tipnya tentang fesyen, kecantikan, dan proyek DIY (do it yourself) untuk gadis remaja berusia 14 – 17 tahun. Dalam video-videonya, Mota biasa menunjukkan hasil belanjaannya. Konon, ketenarannya di YouTube membuatnya mendapatkan penghasilan US$ 500.000 – US$ 750.000 per tahun dari iklan-iklan videonya di YouTube.

Contoh lain adalah Kurt Hugo Schneider. Pria kelahiran Baltimore, AS yang berusia 27 tahun ini kini populer sebagai YouTuber. Video musiknya ditonton oleh 5,9 juta pelanggan YouTube dengan 500 juta views. Pembuat film, penyanyi dan penulis lagu serta ahli bermain catur ini sudah berkolaborasi dengan Jason Miraz, Macy Kate, Jason Derulo dan lain-lain.

Di bawah Kurt Hugo Schneider adalah Sam Tsui (musik) dengan 2,14 juta pelanggan, Mike Tompkins (musik) dengan 1,6 juta pelanggan dan Macy Kate (musik) dengan 235 ribu pelanggan.

Contoh lain, yang ini dari tanah air, adalah skinnyindonesian24. Video musik duo kakak beradik Dovi dan Jovial ini telah ditonton 8 juta kali per Maret 2015. Mereka juga telah membintangi film YouTuber karya Hanung Bramantyo. Skinnyindonesian24 memiliki 321,6 ribu pelanggan YouTube.

Selain itu ada Edho Zell (komedi) dengan 315 ribu pelanggan, Natasha Fahrani untuk bidang kecantikan (beauty) dengan 100,9 ribu pelanggan, GAC (musik) dengan 94 ribu pelanggan, Jakarta Beatbox (musik) dengan 21 ribu pelanggan dan Young Lex (musik) dengan 16,4 ribu pelanggan.

Kamu mau juga jadi bintang beken kayak mereka? Silakan bikin video yang unik dan menarik, lalu unggah ke YoTube. Triknya, kata skinnyindonesian24, adalah membuat video dari hati.

Semua orang, tandas Putri, bisa jadi YouTuber. YouTube, tambahnya, telah mengoneksikan artis dengan para fans-nya dengan cara baru.

Tanggapan Kamu

komentar