YouTube Fanfest Hadirkan 13 Kreator Terbaik Indonesia

Para kreator lokal dan internasional berkolaborasi di YouTube Fanfest pertama di Jakarta

Para kreator lokal dan internasional berkolaborasi di YouTube Fanfest pertama di Jakarta

JAKARTA, PCplus – Ada di antara kamu yang tidak nonton YouTube? Rasanya jarang ya? Tiap hari jutaan jam YouTube ditonton di seluruh dunia. Per bulannya, YouTube yang menghadirkan video amatir itu diakses oleh lebih dari 1 miliar pengguna. Begitu kata Gautam Anand (Director Content & Operations, YouTube Asia Pasifik) dalam jumpa pers jelang YouTube Fanfest 2015 di Jakarta (23/10/2015).

Menurut Anand yang menyitir hasil survei Variety, artis YouTube lebih terkenal dibandingkan artis Hollywood. Satu dari Top 5 selebriti paling populer di sekolah-sekolah menengah di Amerika adalah para artis YouTube, seperti Sam Tsui, Bethany Mota dan Kurt Hugo Schneider, begitu menurut survei tersebut. Kurt Hugo Schneider memiliki lebih dari 6 juta pelanggan, sedangkan Bethany Mota punya lebih dari 9 juta.

Lalu bagaimana kondisinya di Indonesia? Ah tak terlalu beda ternyata. “Indonesia suka YouTube. Ada peningkatan waktu tonton 130% tahun-ke-tahun. Dan 60% waktu tonton itu berasal dari (perangkat) mobile. Orang tidak lagi duduk pasif tapi sudah berpartisipasi,” kata Anand.

Pesatnya pertumbuhan YouTube (penonton dan kreator) di Indonesia menyebabkan YouTube tergerak menggelar YouTube Fanfest di Indonesia. Pekan lalu, untuk pertama kalinya ditampilkanlah YouTube Fanfest di Jakarta, yang juga bisa ditonton secara live streaming.

“Ini (Fanfest) yang ke-18 sejak tahun 2013. Sudah digelar di 9 negara. Setelah ini ke Brazil,” kata Jasper Donat (CEO Branded Ltd. YouTube Fanfest Co-producer).

Malam itu (23/10/2015), 13 artis/kreator YouTube lokal diajak manggung bersama sejumlah artis internasional YouTube. Ada yang manggung sendirian, tapi ada yang berkolaborasi dengan para artis internasional YouTube, yakni Kurt Hugo Schneider, Bethany Mota, Macy Kate, Mike Thompkins, dan Sam Tsui.

Siapa saja sih artis lokal YouTube itu? Pertama adalah Edho Zell yang ahli parodi dan punya 350 ribu pelanggan. Ada Eka Gustiwana yang spesialis mashup, Gamaliel Audrey Cantika (GAC), Jakarta BeatBox yang mengusung perkusi mulut, SkinnyIndonesian24, Natasha Farani yang fokus pada fesyen hijab, band The Overtunes, rapper Young Lex, Cheryl Raissa dengan fesyen hijab dan vlog dan Indovidgram. Selain itu ada duo Jebe & Patrecia, dan Linda Kayhz yang sudah menulis buku fesyen hijab.

Tanggapan Kamu

komentar