Yang Perlu Kamu Ketahui tentang Project Loon

project loon

Apa sih Project Loon itu?

Project Loon adalah usaha Google menyediakan akses internet kepada mereka yang berada di area terpencil dan sulit dicapai dengan infrastruktur normal (seperti fiber optik atau BTS). Caranya dengan menggunakan sebuah balon yang melayang tinggi di angkasa dan memancarkan sinyal internet ke area terpencil tersebut.

Kok balon bisa menyebarkan internet?

Fungsi balon di sini mirip seperti sebuah satelit. Dia dilengkapi dua radio transreceiver: satu untuk akses langsung ke infrastruktur internet yang ada, satunya lagi untuk menyebarkan akses internet menggunakan frekuensi 4G/LTE. Jadi balon ini akan menangkap akses internet dari infrastruktur internet yang sudah ada, lalu menyebarkannya ke sebuah area menggunakan frekuensi 4G. Dengan begitu, akses internetnya kira-kira akan secepat 4G.

Berapa besar sih area yang bisa dijangkau?

Google memperkirakan satu balon akan dapat menjangkau area berdiameter 40 km.

Kan balonnya punya banyak perangkat elektronik. Gimana dapat listriknya?

loon 2

Jika kamu perhatikan gambar di atas, di bawah balon ada semacam papan. Nah itu adalah panel tenaga surya. Panel inilah yang jadi sumber listrik dari semua perangkat elektronik yang ada di balon. Tersedia pula baterai yang akan menjadi sumber tenaga di malam hari.

Enggak takut tuh balonnya kena pesawat?

Tidak, karena balon itu akan diterbangkan sekitar 90 ribu feet atau 27 km dari permukaan. Ketinggian itu sekitar dua kali lipat dari ketinggian pesawat terbang saat beroperasi. Namun koordinasi dengan pengawas penerbangan tetap dibutuhkan ketika balon tersebut sedang dinaikkan atau diturunkan.

Emang musti diturunin?

Iya, karena balon itu tidak bisa terbang selamanya. Google menargetkan tiap balon bisa beroperasi lebih dari 100 hari sebelum harus turun untuk dipompa udara lagi. Proses naik dan turunnya balon sendiri dilakukan dengan cara mengontrol udara di dalam balon tersebut. Saat balon akan naik atau turun, operator di lapangan akan menganalisa arah angin di tiap lapisan atmosfir, lalu mengunakan semacam pompa (yang mereka namakan Croce) di balon untuk memasukkan atau mengeluarkan udara. Dengan begitu, ketinggian balon pun bisa dikendalikan.

Ketika turun, gimana ngelacaknya?

Balon tersebut sudah dilengkapi dengan GPS dan sistem pelacakan khusus yang akan memberitahu posisi persis balon saat di udara maupun setelah sampai ke bumi. Setelah sampai ke bumi, ada tim khusus yang akan mengambil balon tersebut. Dalam kasus darurat, seperti ketika balon turun terlalu cepat, tersedia parasut yang akan menjaga

Ketika balon di angkasa, posisinya selalu berubah dong? Kan tertiup angin?

Ya, di lapisan stratosfer tempat balon berada, angin memang akan membuat posisi balon berubah. Namun tiupan angin di stratosfer itu relatif stabil, sehingga lebih mudah diprediksi. Selain itu, Project Loon juga mengembangkan sistem yang dapat membaca arah angin di stratosfer. Informasi itu lalu digunakan balon untuk menjaga kestabilan posisinya di atas area yang menjadi tanggung jawabnya.

Apakah mungkin melihat balon Project Loon dari bumi?

Jika cuacanya sangat cerah, kamu mungkin bisa melihat balon tersebut melayang di angkasa. Namun kemungkinannya terbilang kecil, apalagi jika menggunakan mata telanjang.

Kok Google baik banget ya nyedian balon. Jangan-jangan datanya diintip?

Sepertinya tidak. Google menjanjikan data yang lewat di balon Project Loon ini akan otomatis dienkripsi. Ketika kerjasama dengan operator seperti di Indonesia, datanya pun akan memiliki enkripsi dan authentifikasi seperti telpon seluler standar. Jadi mengintip data sepertinya tidak menjadi motivasi Google menyediakan Project Loon.

Namun tentu saja ada keuntungan strategis bagi Google ketika semakin banyak orang melek internet. Semakin banyak orang menggunakan internet, semakin banyak orang yang menggunakan layanan Google. Semakin banyak pengguna Google, semakin banyak orang yang bisa dianalisa profilnya, mulai dari minat, hobi, sampai kebutuhannya.

Profil inilah yang akan menjadi jualan utama Google yang akan ditawarkan ke pemasang iklan.

Tanggapan Kamu

komentar