Review Logitech Bluetooth Multi-Device Keyboard K480

Banyak di antara kita punya tiga gadget atau lebih:  notebook dengan OS Windows, smartphone dan  tablet dengan OS Android,  atau iPad dan iPhone dengan OS iOS. Kita biasanya mengetik bergantian di masing-masing perangkat. Jadi pindah-pindah keyboard: keyboard fisik di notebook dan virtual di gadget. Repot juga ya.

logitechk480-allKerepotan ini ditiadakan oleh Logitech yang menghadirkan keyboard Bluetooth bernama Bluetooth Multi-Device Keyboard K480. Sesuai namanya, Multi-Device, keyboard Bluetooth ini bisa dikoneksikan sekaligus dengan beberapa perangkat, baik yang ber-OS Windows, ChromeOS, iOS, MacOS atau Android.

Awalnya sih PCplus meragukan fungsionalitas ini. Namun lama-kelamaan, PCplus jatuh hati juga menggunakan keyboard Logitech tersebut. Dengannya, PCplus bisa berpindah-pindah mengetik di dua perangkat berbasis Bluetooth: tablet Android dan notebook Windows, dari keyboard yang sama. Sebenarnya juga bisa di iPhone, atau iPad tapi PCplus tidak memiliki perangkat Mac tersebut.

logitechk480-roda putarKalau mau mengetik di tablet Android, tinggal putar tombol putar di sisi kiri ke angka 2. Kalau mau pindah ke notebook putar tombol ke angka 3. (Angka 1 untuk perangkat Mac.) O ya tentu harus lakukan pairing terlebih dulu sebelum perangkat bisa terkoneksi ke keyboard. Pairing-nya mudah kok.

Pertama-tama balikkan keyboard KB480. Lihat di bagian bawah itu ada switch. Hmm kamu tidak perlu menggeser-nya sih, karena Logitech sudah menyetelkannya agar aktif begitu kemasan keyboard dibuka. Kita cukup menarik lepas kertas kuning yang terjuntai agar kontak baterai di dalam keyboard terpapar.

logitechk480-baterai aaaBegitu kertas kuning terlepas, keyboard bisa dipakai. Tak usah pasang baterai. Logitech sudah berbaik hati memasangkan 2 baterai AAA yang diklaim bisa bertahan sampai 2 tahun.

Untuk melakukan pairing, sisipkan smartphone atau tablet ke ‘lubang’ di bagian atas keyboard. Lubang ini bisa menampung smartphone Android dan tablet iPad sekaligus jika keduanya diposisikan vertikal. Namun kalau tablet kamu posisikan horisontal, lubang itu tidak bisa menampung smartphone.

logitechk480-tabletSatu lagi, kalau tabletmu tebal, seperti milik PCplus (Lenovo B6000-HV), kamu hanya bisa menempatkannya dalam satu posisi: horisontal. O ya, begitu ditempatkan di lubang, posisi tablet/smartphone akan condong ke belakang – kemiringannya menurut PCplus pas. Lubang penempatan smartphone dan tablet ini sekaligus menghemat tempat di meja loh.

logitechk480-connect buttonKembali ke proses pairing. Setelah smartphone atau tablet duduk di ‘lubang’ keyboard, aktifkan Bluetooth pada smartphone atau tablet. Berikutnya, tekan tombol kecil bertuliskan ‘pc’ di sisi  kanan keyboard sampai lampu biru menyala berkedip-kedip. Tombol ini untuk pairing perangkat Android, Windows dan ChromeOS. Kalau perangkatmu iOS atau MacOS, tekan tombol sebelahnya.

logitechk480-pairingSetelah itu, putar tombol roda di sisi kiri ke angka 1, 2 atau 3 sampai perangkatmu terkoneksi. Jika terkoneksi, di layar perangkatmu akan muncul password. Ketikkan password itu di keyboard Logitech. Nah, sejak saat itu kamu bisa mengetik apa pun di keyboard fisik Logitech dan menampilkannya di layar perangkatmu.

Ulangi cara yang sama untuk perangkat lain, misalnya notebook. Kalau tombol 2 sudah dipakai untuk perangkat Android, berarti sisa tombol 1 dan 3 untuk perangkat Windows dan iOS. O ya, cuma tiga perangkat yang bisa terkoneksi ya. Dan hanya satu per OS. Jadi tidak bisa dua perangkat Android bersamaan dikoneksikan. Hanya bisa satu Android, satu Windows/ChromeOS, dan satu iOS/MacOS.

Kalau sudah sekali di-pairing, kamu tidak usah melakukan pairing lagi di masa datang. Jadi kalau tablet dilepaskan dari keyboard pada siang hari, lalu malamnya kamu memasukannya lagi, kamu tak perlu pairing dengan password lagi. Bisa langsung pakai setelah menekan tombol ‘pc’.

Awalnya PCplus harus membiasakan diri mengetik dengan keyboard K480. Perlu menekan agak kuat di tuts-tutsnya yang mengeluarkan suara klik-klik keras saat ditekan. Namun sejalan dengan waktu, keyboard terasa enak dipakai mengetik. Tombol-tombolnya yang agak membulat itu mungkin agak rapat bagi mereka yang berjemari besar. Akan tetapi nyaman buat PCplus.

logitech k480-shortcutKeyboard ini punya beberapa tombol shortcut yang biasa ditemukan di cover keyboard tablet. Ini misalnya tombol Home untuk semua OS mobile dan tombol multitasking (F2). Juga ada tombol Back dan Search, maupun tombol kontrol multimedia seperti Previous, Pause/Play, Forward, Mute/Unmute dan pengatur Volume.

Sayangnya 3 tombol yang umum ada di keyboard komputer, yakni Page Up/Down, Print Screen dan Scroll Lock, tidak hadir di sini. Namun tombol Start Windows dan tombol Mac OS Command ada sih.

Saat mencoba, PCplus mengoneksikan tablet Lenovo B6000-HV yang menjalankan OS Android 4.4.2, dan tablet Gigabyte dengan OS Windows 7. Keduanya bisa terkoneksi dengan baik. PCplus tidak merasakan lag saat mengetik di keyboard.

***

Singkat kata, keyboard K480  berfungsi dengan baik, memudahkan berpindah-pindah device dengan cepat. Kamu bisa menggunakan K480 untuk mengetik di komputer dan dengan nyaman juga memindahkan fungsionalitas keyboard ke smartphone-mu tanpa perlu memegang smartphone.

Saat mengetik review ini, PCplus menggunakan K480 dengan tablet Lenovo B6000 HV.  Eh iya, kamu bisa mengoneksikan perangkat Android lain ke KB480. Tapi ini perlu pairing lagi ya. PCplus sukses mencobanya (bergantian) dengan smartphone jadul Motorola Razr XT910, juga tablet Huawei MediaPad.

Andai saja Logitech menanamkan satu fitur lagi yakni slot microSD , ah akan sempurna rasanya fungsionalitas Logitech Bluetooth Multi-Device Keyboard K480 ini.

Hmm, terpikir untuk membawa-bawanya saat berpergian? Boleh saja kalau kamu tidak keberatan dengan bobotnya yang 820 gram dan ukurannya yang tidak terlalu kompak (keyboard ini tebal loh, 2cm). Maklum Logitech mendesain keyboard-nya ini untuk ditempatkan di meja, bukan untuk dibawa berpergian.

 

Plus: Kompatibel dengan banyak platform, bisa pindah ke berbagai perangkat dengan mulus, keyboar nyaman dipakai.

Minus: Tidak kompatibel dengan Windows Phone OS, fisik besar, berat, tombol-tombolnya tidak selengkap pada keyboard full-size

PCplus Rating: 4/5

 

SPESIFIKASI Logitech Bluetooth Multi-Device Keyboard K480

Koneksi: Bluetooth sampai 10 meter

Dukung OS:

  • PC: Windows 7, Windows 8, Windows 10
  • Mac: Mac OS X atau versi di atasnya
  • Chrome OS
  • iPad atau  iPhone: iOS 5 atau versi di atasnya
  • Tablet atau smartphone Android: Android 3.2 atau versi di atasnya

Baterai: 2 AAA (terpasang), tahan sampai 2 tahun, ada indikator baterai

Fitur: – tombol on/off

Dimensi: 19,5 x 29,9 x 2 cm

Bobot: 820 gram

Garansi: 1 tahun

Warna: putih dan hitam

 

Tanggapan Kamu

komentar