Cara Mudah Upgrade dan Downgrade Windows 10

kredit: www.winbeta.org

kredit: www.winbeta.org

Tepat pada 29 Juli 2015 waktu setempat, Microsoft merilis Windows 10 yang diklaim sebagai sistem operasi tercanggih yang pernah mereka buat. Jika penasaran ingin mencicipi Windows 10, kamu bisa langsung memasangnya dengan cara upgrade dari sistem Windows 7 atau Windows 8.x yang telah terpasang sebelumnya. Bagaimana jika ingin kembali ke sistem awal? Tenang saja, caranya juga cukup mudah. Berikut PCplus tunjukkan caranya:

Unduh Windows 10

unduh-2

Langkah awal, kamu mesti mengunduh Windows 10 terlebih dahulu:

  • Masuk ke tautan https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10. Dari sini kamu akan memasang aplikasi pendukung untuk mengunduh Windows 10 tersebut. Pilih versi 32-bit atau 64-bit sesuai kebutuhan.
  • Jalankan file tersebut dan akan terbuka jendela baru dengan latar warna biru. Pilih Create installation media for another PC. Klik Next.
  • Pilih bahasa, edisi atau versi Windows 10, dan arsitektur yang diinginkan. Dan klik Next.
  • Pilih ISO file, tentukan lokasi penyimpanan dan selanjutnya aplikasi tersebut akan mengunduh file ISO Windows 10.

Upgrade dari Windows 7/8.1

upgrade-2

Salah satu keunggulan memasang Windows 10 melalui proses upgrade dari Windows sebelumnya adalah pengguna sewaktu-waktu bisa melakukan proses downgrade dan mengembalikannya ke sistem Windows awal. Hal ini tidak bisa dilakukan jika kamu melakukan pemasangan Windows 10 melalui metode clean install.

  • Dari sistem Windows 7 atau Windows 8.x, tancapkan flashdisk yang sudah terisi file ISO Windows 10. Jelajah ke dalam folder Windows 10 dan jalankan file Setup dan ikuti petunjuk yang tertera.
  • Akan tampil jendela yang memberikan pilihan apakah ingin langsung mendapatkan file update terbaru atau tidak. Untuk itu dibutuhkan koneksi internet aktif. Klik Next untuk melanjutkan.
  • Akan tampil license terms agreement dan pilih Accept.
  • Jika di kemudian hari kamu ingin melakukan downgrade, pastikan untuk memilih Change what to keep dan pilih Keep personal files, apps, and Windows settings. Klik Install dan proses instalasi langsung dimulai.

Downgrade ke Windows sebelumnya

downgrade-3

Saat kamu memasang Windows 10 melalui proses update dari Windows 7 atau Windows 8.x, sistem akan menyimpan folder backup dengan nama Windows.old. Folder ini berguna jika kamu hendak melakukan downgrade atau mengembalikannya ke sistem Windows versi sebelumnya. Jika folder tersebut masih ada, kamu masih bisa melakukan downgrade. Begini langkahnya:

  • Buka menu Start, pilih Settings. Akan terbuka jendela baru dengan pilih Update & Security.
  • Pada halaman berikutnya, pilih Recovery yang terletak di sebelah kiri jendela. Dan pada pilihan di sebelah kanan akan terdapat pilihan Go back to Windows 7 atau Go back to Windows 8.1. Klik pilihan tersebut.
  • Akan tampil jendela baru dengan latar warna biru. Sistem akan menanyakan alasan mengapa melakukan downgrade. Klik Next setelah selesai.
  • Sebelum Windows memulai proses downgrading, sistem akan memastikan kembali apakah proses akan dilanjutkan. Hal ini memberikan kesempatan pada pengguna jika berubah pikiran. Tekan Next untuk melanjutkan dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Tanggapan Kamu

komentar