EMC Lengkapi Data Lake 2.0 dengan Fitur Canggih Baru

emc data lakeJAKARTA, PCplus – Generasi baru EMC Isilon Scale-out NAS Data Lake 2.0 telah diumumkan EMC Corp. Di dalamnya tercakup produk, fitur dan kemampuan baru agar perusahaan makin mudah mengekspansi data sampai ke kantor cabang.

Data tidak terstruktur di data center utama atau di kantor cabang yang terpencil maupun arsip yang tersimpan di cloud kini bisa disediakan dengan EMC IsilonSD Edge, Isilon OneFS dan Isilon CloudPools yang akan hadir tahun 2016 tersebut. Pengguna bisa mengakses dan menganalisis data dari seluruh lokasi. Di Data Lake sebelumnya, pengguna hanya dapat mengambil data dari sumber yang sudah ada, atau yang terdekat dengan data center utama.

EMC IsilonSD Edge adalah solusi software-defined terbaru yang didesain untuk memudahkan pengelolaan data di kantor terpencil atau lokasi yang sulit dijangkau, dengan biaya yang efisien. Lokasi kantor yang terpencil memiliki banyak hambatan terkait dengan biaya, kapasitas yang rendah, kompleksitas manajemen, format yang tidak sesuai dan tata kelola yang tidak stabil. Hal ini berdampak pada produktifitas pekerja informasi di lokasi tersebut serta kemampuan departemen TI dalam meninjau dan mengelola data.

IsilonSD Edge adalah 100% penawaran teknologi software-defined yang berjalan pada perangkat keras komoditi. IsilonSD Edge akan mendukung VMware ESX dan terintegrasi dengan VMware vCentre untuk kemudahan pengelolaan data. Kemampuan dari sistem operasi OneFS tidak akan dikorbankan. Namun akan mendukung layanan data OneFS dan protocol serta meningkatkan skala sampai 36TB, mereplikasi data tanpa hambatan dan mendistribusikannya dari data center utama. IsilonSD Edge tidak dikenakan biaya untuk penggunaan non-produksi dan memiliki lisensi per cluster untuk penggunaan produksi.

Lalu apa yang baru di OneFS? Peningkatan utamanya adalah dukungan penuh Non-Disruptive Upgrade (NDU). OneFS telah mendukung NDU untuk minor code families dan sekarang dapat berfungsi di seluruh major code families sehingga meningkatkan resiliensi dari Data Lake. Daya tahan Data Lake yang semakin tinggi akan memastikan pengguna tidak mengalami sistem downtime dan beban kerja aplikasi selama proses upgrade.

Generasi OneFS terbaru juga dibekali kemampuan upgrade rollback software yang fleksibel. Pelanggan dimungkinkan untuk mengembalikan aplikasinya atau lingkungan pengguna akhir ke kondisi sebelum upgrade sesuai kebutuhan.

Selain solusi yang berfokus pada lokasi utama dan lokasi remote, EMC menawarkan EMC CloudPools. Ini adalah aplikasi software terbaru untuk jajaran produk Isilon yang memudahkan Isilon menjangkau public, private dan hybrid cloud.

Kebanyakan data yang ada di perusahaan merupakan “Cold Data”, yaitu data yang jarang digunakan tapi perlu disimpan untuk kepentingan regulasi dan kebutuhan compliance. CloudPools akan memudahkan Isilon untuk melakukan tiering data secara native ke public cloud seperti Amazon Web Services, Microsoft Azure dan Virtustream tanpa membutuhkan cloud gateaway.

CloudPools juga memungkinkan data center berekspansi ke EMC Elastic Cloud Storage (ECS) dan Isilon sebagai private cloud. Isilon mengembangkan core namespace-nya ke cloud untuk memastikan data dapat diakses dari lokasi manapun. Ketika data dimasukan ke cloud, data tersebut dienkripsi saat pemindahan dan dikompres untuk memastikan keamanan data perusahaan yang tersimpan di cloud. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memperluas Data Lake mereka ke kapasitas berskala cloud serta memastikan akses yang konsisten dan mudah ke data dan pengelolaan data.

Tanggapan Kamu

komentar