Opera Max Hemat Konsumsi Data Saat Streaming Video dan Musik

opera maxJAKARTA, PCplus – Streaming video dan musik memang nikmat, tapi bisa bikin jatah data Internet jebol. Kalau mendengarkan lagu dari aplikasi streaming musik atau radio online selama 9 jam, kamu akan menghabiskan data sebesar 1 GB. Gede ya?

Kalau mau hemat konsumsi data, ada baiknya kamu pakai Opera Max. Aplikasi manajemen dan kompresi ini diklaim sebagai aplikasi pertama di dunia yang mampu mengoptimalkan aplikasi streaming musik dan video, dengan menghemat penggunaan data internet. Pengguna Opera Max disebutkan bisa mendapatkan kompresi data sampai 50%.

“Sekarang, kami telah menambahkan fitur kompresi audio untuk beberapa aplikasi musik, sehingga pengguna dapat menikmati streaming musik tanpa harus mencari jaringan Wi-Fi. Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki mobile data yang terbatas,” kata Sergey Lossev (Manajer Produk di Opera).

Opera Max menggunakan fitur optimisasi audio streaming yang didukung oleh Rocket Optimizer, yang mampu mengatur arus audio streaming dengan cara yang sama untuk video. Fitur ini juga mendukung format MP3 dan MP4, serta mengkonversi arus musik menjadi AAC+ codec yang lebih efisien, yang mampu memberikan suara berkualitas tinggi meski dalam koneksi yang rendah dengan menggunakan jenis perangkat apa pun.

Penghematan konsumsi data ini berlaku untuk aplikasi musik termasuk Youtube Music, Pandora, Slacker Radio, Gaana dan Saavn. Jumlah app musik masih akan ditambah, kata Lossev. O ya bulan lalu Opera Max sudah mengenalkan fitur video savings untuk Youtube dan Netflix.

Kalau tertarik, silakan unduh Opera Max di Play Store. App ini tersedia untuk pengguna Android 4.0 ke atas.

Tanggapan Kamu

komentar