Sasar UKM, Cloudmatika Tawarkan BaaS di Indonesia

baasJAKARTA, PCplus – Perusahaan kecil maupun besar makin diberdayakan dengan adanya cloud. Tidak cuma dengan PaaS (platform as a service), SaaS (software as a service), tapi juga dengan BaaS (backup as a service) yang menawarkan moda bayar sesuai yang dipakai.

Backup as a service inilah yang ditawarkan oleh Cloudmatika di Indonesia. Penyedia layanan komputasi awan ini menggunakan Acronis Backup Cloud yang sudah lebih dulu sukses diterapkan di Jepang. Yang ditawarkan di sini adalah solusi perlindungan data lengkap, yakni pencadangan, pemulihan bencana, dan sinkronisasi serta pembagian file.

Di data center mana ya data kita nanti disimpan? Apakah di luar negeri? Tidak. Layanan BaaS dari Cloudmatika disediakan dari dua data center yang terpisah secara geografis di Jakarta Pusat. Pelanggan Acronis Backup Cloud menjalin koneksi secara langsung dengan data center. Jadi tidak ada data yang ditransfer keluar dari negara ini.

Ted Hilbert (CEO, Cloudmatika) mengatakan juga sudah mendapatkan banyak perhatian dan permintaan dari pelanggan perusahaan dan pemerintah di masa peluncuran layanan BaaS-nya. Namun mereka sebenarnya lebih mengutamakan UKM.

Eh mengapa lebih menyasar UKM? Sebab penelitian Wawasan Awan UKM yang dirilis oleh Odin awal tahun ini menyebutkan, pasar layanan awan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia diperkirakan meningkat pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 30% dalam jangka waktu tiga tahun ke depan. Tahun ini, pasarnya bernilai Rp. 15 triliun (USD 1,2 miliar) dan akan menjadi Rp. 33 triliun (USD 2,7 miliar) pada tahun 2018.

Omong-omong bagaimana tingkat keamanan BaaS Acronis Cloud Backup? Untuk melindungi perusahaan dari ancaman luar, dan privasi data agar pelanggan tetap bisa mengendalikan data mereka setiap saat pada perangkat mobile dan di awan, Acronis memanfaatkan arsitektur yang sangat fleksibel dan terbuka yang mendukung integrasi secara mudah dengan solusi pihak ke-3 terkemuka lainnya. Juga standar enkripsi global terbaru, termasuk AES256, dan pencarian yang bersifat pribadi dan aman.

Acronis Backup Cloud dirancang untuk memenuhi kebutuhan beban kerja dan sumber data secara luas yang dikelola oleh para penyedia layanan dan pengguna akhir dewasa ini, termasuk Windows, Mac, Linux, Hyper-V, VMware, RHEV, XEN, KVM, Oracle VM, Microsoft Exchange, dan SQL, serta XEN, KVM, Linux, Virtuozzo, Docker, Open-Xchange, dan MySQL.

“Solusi perlindungan data Acronis dirancang untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan privasi data, serta membuatnya terlihat sederhana bagi para penyedia layanan dan distributor agar bisa dijual sebagai layanan baru untuk meningkatkan pendapatan mereka,” kata Rudy Rangkuti (Acronis Country Manager di Indonesia).

Tanggapan Kamu

komentar