Komparasi iPad Pro vs Surface Pro 3

kredit: www.technewstoday.com

kredit: www.technewstoday.com

Kehadiran iPad Pro langsung mencuri perhatian, salah satunya pada layar berukuran 12,9 inci yang lebih besar dibanding sebelumnya. Padahal di era Steve Job, ukuran tablet 10 inci merupakan ukuran paling ideal bagi perangkat tablet. Sebagai tablet berukuran cukup besar, iPad Pro nantinya bakal bersaing langsung dengan tablet milik Microsoft yaitu Surface Pro 3 yang telah lebih dulu hadir. Guna melihat lebih dekat bagaimana perbandingan iPad Pro dibanding Surface Pro 3, berikut PCplus paparkan beberapa diantaranya:

Display 

Kedua tablet ini menggunakan ukuran layar yang sedikit berbeda. iPad Pro menggunakan layar berukuran 12,9 icni dengan Retina display dan memiliki resolusi 2732 x 2048 pixel. Dari spesifikasi ini, layar iPad Pro mampu menampilkan gambar yang lebih tajam dan bening dibanding sebelumnya. Sedangkan pada Surface Pro 3, layarnya berukuran 12 inci dengan resolusi 2160 x 1440 pixel. Secara teori, spesifikasi tersebut memang masih kalah dari iPad Pro. Namun bukan berarti layar Surface Pro 3 kalah jerih, karena beberapa pengguna yang udah membandingkannya secara langsung, keduanya sama-sama memiliki tampilan yang memuaskan.

Multitasking 

iPad Pro menggunakan sistem operasi Apple terbaru yaitu iOS9. Dan salah satu feature unggulan baru dari iOS 9 yaitu mampu menjalankan aplikasi secara bersamaan atau multitasking. Selain itu juga mampu menampilkan dua aplikasi dalam satu layar melalui feature split view. Dan pada demo yang dipreentasikan Apple, multitasking tersebut mampu bekerja dengan mulus dan lancar. Meski merupakan hal baru bagi iOS, namun Surface Pro 3 yang menggunakan sistem operasi Windows, hal ini bukan merupakan feature baru. Sejak Windows versi sebelumnya, feature multitasking seperti itu telah lama hadir. Dan sejakn Windows 8, tampilan dua aplikasi dalam satu layar sudah hadir melalui feature charm. Dan dengan hadirnya Windows 10, feature tersebut sudah menjadi hal yang biasa.

Produktivitas 

Meski saat demo, Apple menampilkan kemampuan multimedia iPad Pro melalui layar 12,9 inci-nya, namun Apple juga memfokuskan iPad Pro untuk kebutuhan bisnis. Salah satunya mampu menjalankan aplikasi Micorosft Office for iPad. Hanya saja saat demo tersebut, iPad Pro hanya bisa menjalankan Office untuk versi iPad saja. Di sisi lain, Surface Pro 3 mampu menjalankan aplikasi, baik untuk versi mobile maupun versi penuh pada desktop.

Kinerja 

iPad Pro dipersenjatai dengan chip prosesor Apple A9X yang merupakan prosesor dektop berbasis 64-bit. Secara resmi, hingga artikel ini dibuat, Apple belum mengumumkan kapasitas RAM yang bakal digunakan iPad Pro, namun dari beberapa sumber terpercaya, Apple akan mekuncurkan versi RAM 4 GB.

Surface Pro 3 hadir dengan beberapa pilihan spesifikasi, diantaranya menggunakan prosesor Intel Core i3, Core i5, dan Core i7, dengan pilihan memori RAM 4 GB dan 8 GB. Pada versi paling rendah yang menggunakan prosesor Intel Core i3 dengan RAM 4 GB, Surface Pro mampu menjalankan berbagai aplikasi dasar, untuk aplikasi yang lebih berat dimana butuh kinerja grafis dan prosesor yang lebih kompleks seperti aplikasi AutoCAD, lebih cocok menggunakan versi Core i5 atau Core i7.

Dari sisi kapasitas storage, Apple mengumumkan harga resmi untuk iPad Pro dengan kapasitas 32 GB yaitu US$799, sedangkan kapasitas 128 GB seharga US$949. Untuk Surface Pro 3, kapasitas storage 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 512 GB, masing-masing dilepas dengan harga US$649, US$899, US$1149 dan US$1749. Dengan kata lain, dari sisi storage, Surface Pro memiliki kapasitas layaknya laptop.

Fleksibilitas 

Masih seperti versi sebelumnya, iPad Pro juga ‘hanya’ dilengkapi dengan port lightning, bluetooth, dan WiFi. Meski iPad Pro juga menambahkan koneksi baru yaitu magnetic connector. Dari sisi konektivitas tersebut, iPad Pro agak lebih terbatas dibanding Surface Pro. Bandingkan dengan Surface Pro 3 yang tidak hanya memiliki koneksi yang mirip dengan magnetic connector, tetapi juga terdapat port USB 3.0, mini DsiplayPort, dan kartu pembaca untuk kartu jenis microSD. Hal ini membuat Surface Pro 3 memiliki fleksibilitas yang lebih beragam untuk menghubungkannya ke berbagai periferal.

Value 

iPad Pro merupakan tablet yang powerful, namun dengan kemampuan yang dtawarkannya, tetap saja hanya sebatas sebagai tablet. Berbeda dengan Surface Pro yang memiliki kemampuan tidak hanya sekedar tablet, tetapi juga bisa menggantikan fungsi seperti laptop. Hal ini dipertegas dengan kemampuannya menjalankan aplikasi berbasis mobile dan desktop.

Untuk aksesori pendukungnya, Surface Pro 3 juga lebih terjangkau. Untuk keyboard eksternalnya dijual dengan harga kisaran US$129, dibanding dengan untuk iPad Pro seharga US$169. Stylusnya sendiri untuk iPad Pro ditawarkan seharga US99, sedangkan pada Surface Pro 3 sudah termasuk stylus.

Tanggapan Kamu

komentar