Atasi Macet di Jakarta, Cisco Tawarkan Solusi IoE

solusi  macet ciscoJAKARTA, PCplus – Kapan ya Jakarta tak macet? Harapan ini banyak dilontarkan mereka yang harus melewati jalan-jalan di Jakarta. Macet bukan hanya bisa bikin stres, tapi juga merugikan secara ekonomi.

Menurut penelitian BAPPENAS, kemacetan di Jakarta menimbulkan kerugian ekonomi sebesar Rp 7 triliun per tahun, yang dihitung untuk dua sektor, energi (Rp 5,57 triliun per tahun) dan kesehatan (Rp 1,7 triliun per tahun).

Banyak solusi ditawarkan untuk mengatasi masalah macet di Jakarta. Namun itu semua langkah jangka pendek dan menengah, seperti mengembangkan transportasi multi-moda, MRT System, KA Bandara Soekarno-Hatta, pengembangan Intelligent Transport System (ITS), perubahan struktur pajak kendaraan bermotor, perbaikan manajemen transportasi, telah menunjukkan konsep yang menjanjikan.

Pemerintah juga perlu merencanakan solusi jangka panjang. Sebab makin hari makin banyak orang pindah ke kota (urbanisasi), sehingga jalan-jalan akan bertambah padat sejalan dengan bertambahnya jumlah penghuni kota. Perencana kota dan lalu lintas sebaiknya mempelajari bagaimana smart city di seluruh dunia telah mengonfigurasi sistem pengelolaan lalu lintasnya dengan menggunakan Internet of Everything (IoE) dan analisis Big Data.

Sejumlah kota ini menggunakan IoE dan analisis untuk menghubungkan Traffic Management System (sinyal lalu lintas dan pusat komando lalu lintas) dengan Geographic Information System (GIS) yang mengaktifkan peta jalan digital dan menggunakan analisis real-time untuk mengelola arus lalu lintas melalui jalan sibuk. Penggunaan kamera Internet Protocol, sensor, aplikasi melalui infrastruktur jaringan Wi-Fi yang aman di sekitar Jakarta misalnya, dapat membantu menyediakan kondisi visibilitas real-time lalu lintas untuk otoritas pengelolaan lalu lintas.

Sensor bisa tersebar di seluruh Segitiga Emas Jakarta dan mengirimkan informasi ke server pusat. Maka otoritas pengelolaan lalu lintas dapat menandai bagian yang padat lalu lintas, lalu mengarahkan pengendara motor ke jalan alternatif yang tidak terlalu padat dan meningkatkan arus lalu lintas di sepanjang jalan besar Jakarta.

Analisis pintar juga dapat digunakan untuk mengelola persimpangan dan daerah rawan kecelakaan, di mana kepadatan lalu lintas biasanya berasal. The Smart Intersection Solution, yang dikembangkan oleh Cisco dan AGT International memanfaatkan data dalam teknologi gerak, menggunakan analisis terkini untuk mengumpulkan data di persimpangan untuk mendukung pengguna jalan yang rentan, melancarkan arus lalu lintas, memantau polusi udara dan mengoptimalkan pengelolaan infrastruktur lalu lintas.

The Smart Intersection Solution menerapkan sejumlah teknologi IoT di persimpangan kota untuk menyediakan layanan pintar untuk penduduk, pengemudi mobil dan pejalan kaki di sekitar kota. Solusi ini telah menunjukkan potensi dalam berbagai pengaplikasian di dunia nyata, seperti implementasi proyek smart city pertama di Hamburg.

Untuk pengguna jalan dan penduduk kota, manfaat yang didapatkan mencakup arus lalu lintas yang lebih efisien, berkurangnya polusi, dan kondisi kemacetan lalu lintas serta keamanan jalan yang telah ditingkatkan. Untuk Departemen Transportasi, sistem pengelolaan lalu lintas yang pintar dan terhubung akan membantu memberikan deteksi insiden otomatis dan respon yang lebih cepat, pengelolaan jalan sibuk yang lebih baik dikarenakan pengambilan keputusan operasional yang lebih baik dan terinformasi.

Selain mengurangi kemacetan lalu lintas dan membuat jalan kita lebih aman, analisis pintar dapat menyelamatkan nyawa! Contoh, analisis pintar dapat membimbing ambulans dengan mendapatkan data real-time dari sensor, sinyal lalu lintas dalam perjalanan menuju rumah sakit dan pemetaan GIS seluruh jalan menuju rumah sakit. Sebuah pesan dikirim ke panel display ambulans di depan pengemudi untuk menginformasikan mana jalan yang harus dilalui. Seluruh sinyal menuju rumah sakit diminta untuk berada dalam warna tertentu (merah atau hijau) membuka jalan untuk lewatnya ambulans.

Analisis pintar juga dapat digunakan untuk mencegah dan menangkap kejahatan, dengan mengirimkan informasi dari CCTV, sensor di jalan, informasi dan database kriminal ke pusat komando polisi.

Di Singapura [email protected] memimpin dengan Solusi untuk Inisiatif Masa Depan yang Diurbanisasi. Intelligent Command & Control Platform mereka dirancang untuk memecahkan tantangan dalam situasi yang melibatkan beberapa instansi. Platform milik pribadi, yang didirikan oleh Kementrian Departemen Dalam Negeri Singapura (MHA) dan Dewan Pengembangan Ekonomi (EDB) adalah demonstrasi bahwa platform ISC membantu untuk meningkatkan kesadaran situasional dan efisiensi operasional.

Tanggapan Kamu

komentar