Beginilah Kebiasaan Pengguna Mobile Internet Indonesia

youtube on smartphoneJAKARTA, PCplus – Adakah di antara kamu yang belum menggunakan smartphone, atau masih memakai ponsel ‘biasa’ alias feature phone ? Hmm, mungkin kamu punya dan pakai dua-duanya ya?

Lalu apa saja yang biasa kamu lakukan di perangkat mobile-mu itu? Menurut Ivollex Hodiny (Growth Director, Asia, Opera Software Singapore Ptd. Ltd.) dalam jumpa pers di Jakarta (1/12/2015), ada sejumlah kebiasaan terekam dari para pengguna perangkat mobile di Indonesia.

Pertama, semakin banyak pengguna yang beralih dari feature phone ke smartphone berbasis Android. “Ada kenaikan dari tahun sebelumnya,” kata Hodiny mengutipkan data dari server Opera Mini per Oktober 2015. Pada Oktober tahun ini, 41% pengguna mobile Internet di tanah air menggunakan ponsel berbasis Android. “Oktober 2014, angkanya 32%,” kata Hodiny.

Pengguna mobile Internet di Indonesia, ungkap Hodiny, senang menonton video di perangkat mobile-nya. “Mereka menghabiskan waktu 4 jam untuk nonton video setiap hari, dan 54 menit per hari untuk menonton video dari smartphone-nya,” kata Hodiny. Sejumlah 52% dari konten video yang ditonton itu diakses melalui saluran digital.

Selain aplikasi video, pengguna mobile Internet di Indonesia suka berkomunikasi melalui jejaring sosial (28%), dan juga berselancar dengan browser (26%). Lalu aplikasi apa saja yang banyak diakses?

Aplikasi yang paling banyak diakses adalah BBM. Di urutan kedua adalah Google Quick Search box, diikuti oleh YouTube, Facebook, Google Map, Gmail, Google+ dan Chrome. Bagaimana dengan WhatsApp? Ada di peringkat ke 9. Sementara juru kunci adalah Instagram.

O ya, hal lain yang terekam dari pengguna mobile Internet di Indonesia adalah mereka cenderung berhemat, termasuk ketika menggunakan Wi-Fi saat terkoneksi ke Internet. Maklumlah tarif paket data (data plan) belum murah.

Di Indonesia, 65% pengguna Opera Max menggunakan mobile data untuk mengakses mobile apps. Sisanya memakai Wi-Fi.

Tanggapan Kamu

komentar