Indonesia, Negara Kedua Terbesar Pengguna Opera Max

ki-ka: Ivollex Hodiny (Growth Director Asia, Opera Software Singapore Pte Ltd) dan Arjun Bhatt (Director of Partner Marketing, Opera Software ASA) menunjukkan app Opera Max yang berfungsi menghemat kuota data Internet melalu pemampatan data

ki-ka: Ivollex Hodiny (Growth Director Asia, Opera Software Singapore Pte Ltd) dan Arjun Bhatt (Director of Partner Marketing, Opera Software ASA) menunjukkan app Opera Max yang berfungsi menghemat kuota data Internet melalu pemampatan data

JAKARTA, PCplus – Mahalnya tarif paket data plan menyebabkan banyak orang cenderung hemat saat ber-Internet saat menggunakan perangkat mobile. Pengguna menjadi ‘rajin’ berburu koneksi Wi-Fi gratis di kafe atau tempat publik.

Bisa tidak ya hemat paket data? Bisa kalau kamu pakai aplikasi Opera Max. Ini adalah aplikasi non-browser pertama dari Opera. Jadi bukan browser (Opera Mini atau Opera Mobile). Fungsinya adalah mengatur dan menghemat kuota Internet yang dipakai mobile apps dengan cara memampatkan data. Opera Max disebut sebagai app manajemen data pertama di dunia yang menyediakan teknologi kompresi data untuk aplikasi video dan musik.

Dengan Opera Max, kata Ivollex Hodiny (Growth Director, Asia, Opera Software Singapore Ptd. Ltd.) dalam jumpa pers di Jakarta (1/12/2015), pengguna tak perlu tergantung pada koneksi Wi-Fi. Mereka bisa menghemat paket data dengan memilih app mana saja yang boleh aktif saat mereka tidur di malam hari misalnya.

Penghematannya, kata bisa sampai 50%, tergantung aplikasi yang dipakai. “Untuk Chrome sampai 44%. Kalau YouTube, penghematan dari pengguna Indonesia per Oktober 2015 mencapai Rp 450 juta. Ini dengan asumsi 1MB data dihargai Rp 60,” papar Hodiny.

Pengguna Opera Max di Indonesia, kata Hodiny, merupakan kedua terbanyak di dunia. “Yang pertama adalah India,” ungkapnya. Namun ia menolak mengungkap jumlah tepat pengguna app penghemat kuota data itu. Hodiny hanya menyebutkan bahwa pertumbuhannya signifikan sejak app itu dikenalkan pada 9 Juni 2015.

Selain Indonesia dan India, ada sejumlah negara lain yang menjadi Top User Opera Max di dunia. Negara-negara itu adalah Brasil, Rusia, Nigeria dan Bangladesh.

O ya, sementara ini Opera Max baru tersedia di Play Store, alias untuk smartphone Android. Untuk sistem operasi lain, seperti Windows Phone dan iOS, kata Arjun Bhatt (Director of Partner Marketing, Opera Software ASA), baru akan tersedia tahun depan.

Tanggapan Kamu

komentar