Saturday, April 20, 2024
Berita Teknologi

Kembangkan App Smart University, Huawei Bangun Pusat Inovasi Bersama

Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA (Dekan Fakultas Teknik, Universitas Indonesia); Ivan Cahya Permana (Wakil Presiden Teknologi & Sistem Telkomsel); Zhi Xin (Wakil Presiden PT Huawei Tech Investment); dan Peter Zhou (Presiden Small Cell & Wifi Wireless Network, Huawei Technologies Co., Ltd) usai acara penandatanganan nota perjanjian kerja sama untuk membangun Pusat Inovasi Bersama di Auditorium Fakultas Teknik Elektro Universitas Indonesia  (22/12/2015).
Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA (Dekan Fakultas Teknik, Universitas Indonesia); Ivan Cahya Permana (Wakil Presiden Teknologi & Sistem Telkomsel); Zhi Xin (Wakil Presiden PT Huawei Tech Investment); dan Peter Zhou (Presiden Small Cell & Wifi Wireless Network, Huawei Technologies Co., Ltd) usai acara penandatanganan nota perjanjian kerja sama untuk membangun Pusat Inovasi Bersama di Auditorium Fakultas Teknik Elektro Universitas Indonesia (22/12/2015).

JAKARTA, PCplus – Bukan hanya kota yang bisa dibuat pintar (smart city). Kampus pun bisa, kata Huawei. Maka dijalinlah kerjasama dengan PT Telkomsel, Universitas Indonesia, dan Small Cell Alliance Indonesia untuk membangun Pusat Inovasi Bersama (Joint Innovation Center/JIC).

Pusat inovasi ini akan berfungsi sebagai tempat penelitian dan pengembangan aplikasi smart university yang berbasis jaringan Mobile Broadband (MBB) di wilayah kampus. Nota perjanjian kerjasama telah ditandatangani oleh Vice President Huawei Indonesia Zhi Xin; Dekan Fakultas Teknik, Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA;, dan Vice President Technology & System Telkomsel Ivan Cahya Permana di Auditorium Fakultas Teknik Elektro Universitas Indonesia (22/12/2015).

Huawei dan Telkomsel berkolaborasi untuk memberikan fasilitas untuk Pusat Inovasi Bersama berupa teknologi, solusi, dan jaringan paling mutakhir yang akan diimplementasikan di kampus UI. Huawei akan menyediakan peralatan untuk mendukung pelatihan teknologi terbaru dan perkembangan inovasi bisnis yang terdapat di Platform Inovasi Terbuka (Open Innovation Platform). Huawei juga akan memberikan berbagai contoh program inovatif lain yang dapat dijadikan referensi, seperti Rich Communication Service dan Value Growth Service.

Di sisi lain, Telkomsel akan menyediakan jaringan MBB untuk mendukung koneksi yang dibutuhkan di Pusat Inovasi Bersama. Dengan memanfaatkan fasilitas ini, para peserta dapat melakukan program Inovasi Layanan Digital (Digital Service Innovation), seperti aplikasi universitas pintar (smart university), pusat perbelanjaan pintar (smart shopping
mall), kantor pintar (smart office), bandara pintar (smart airport), dan sebagainya.

O ya, Pusat Inovasi Bersama merupakan program lanjutan dari Southern Pacific Small Cell Summit yang sukses digelar September 2015. Sedangkan UI merupakan  universitas terbaik di Indonesia yang memenangkan penghargaan TIK untuk kampus pintar dengan konten dan aplikasi terbaik di Indonesia.  90% wilayah kampus Universitas Indonesia telah dilengkapi oleh infrastruktur dan layanan IT.

“Kami berharap Pusat Inovasi Bersama ini dapat menghasilkan berbagai aplikasi-
aplikasi berguna dan dapat menjadi contoh smart university bagi kampus lain di Indonesia. Generasi muda merupakan salah satu aset penting yang dapat menentukan keberhasilan penerapan program masyarakat digital,” kata Sheng Kai (CEO Huawei Indonesia).

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer