Friday, April 19, 2024
Berita Teknologi

Mantap, Produksi Kamera Seri Canon EOS Tembus 80 Juta

canon eos 80thJAKARTA, PCplus – Bagi pencinta kamera SLR, merek Canon EOS mungkin tak asing lagi. Kamera SLR Canon EOS pertama kali diproduksi di pabrik Canon Inc. Fukushima (kini Fukushima Canon Inc.) yang berlokasi di Jepang pada tahun 1987.

Produk perdana itu dinamai EOS 650. Mulai diperkenalkan pada Maret 1987 sebagai generasi terbaru kamera SLR AF, Canon EOS adalah kamera pertama di dunia yang menggabungkan sistem elektronik lengkap dengan kontrolnya, tidak hanya antara lensa dan badan kamera, melainkan untuk keseluruhan sistem kamera.

Kini, 28 tahun kemudian, Canon sudah memproduksi jutaan unit Canon EOS. Tanggal 10 November 2015, Canon yang sudah memindahkan basis produksinya ke Oita Canon Inc. dan Canon Inc. Taiwan mencatatkan angka produksi kamera Canon EOS sebanyak 80 juta unit.

Peningkatan jumlah produksi mencapai angka tersebut juga dikontribusi oleh produksi kamera Canon EOS 5DS R. EOS 5DS R adalah kamera digital lensa lepas-tukar (interchangeable) teranyar Canon dengan piksel tertinggi di kelasnya, yakni 50,6 megapiksel.

Dengan pencapaian tersebut, Canon semakin memantapkan posisi nomor satunya di pasar kamera digital lensa lepas-tukar yang telah diraih selama 12 tahun berturut-turut sejak tahun 2003.

O ya, selain rekor produksi kamera digital lensa lepas-tukar, Canon juga mencatatkan rekor baru dunia untuk produksi lensa lepas-tukar terbanyak. Lensa lepas-tukar seri EF yang diluncurkan bersama sistem kamera SLR EOS sudah mencapai angka produksi 110 juta unit.

“Hal ini memperlihatkan upaya Canon untuk terus berinovasi dalam teknologi fotografi mendapatkan apresiasi yang baik dari para penggemar fotografi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia lewat Datascrip sebagai distributornya,” kata Merry Harun (Canon Division Director, PT Datascrip) bangga.

Hmm, omong-omong ada yang tahu kepanjangan EOS? EOS adalah singkatan dari Electro Optical System, yang juga merupakan nama Dewi Fajar dari legenda Yunani.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer