Mengapa Sih Dell Pilih Afrika Selatan untuk DWEN 2016?

perempuan afrikaJAKARTA, PCplus – Tahun depan, 27 – 28 Juni 2016, Dell akan menggelar ajang pertemuan wirausaha perempuannya (Dell Women Enterpreneur Network Summit) di Cape Town, Afrika Selatan? Lho kok di benua Afrika, dan bukan di lokasi lain?

Hmm, mungkin kamu tidak tahu ya  kalau Afrika merupakan sumber bakat terbesar di dunia yang belum banyak dimanfaatkan? Benar kok, sebab benua hitam itu punya banyak penduduk berusia muda.

Setengah dari 1 miliar populasinya berusia di bawah 21 tahun. Artinya, saat ini populasi termuda di dunia berada di Afrika. Dan tahun 2040 diperkirakan setengah dari populasi generasi muda dunia akan tinggal di Afrika.

Yang lebih menarik, Afrika memiliki jumlah perempuan pendiri usaha terbanyak di dunia, dengan jumlah perempuan dan pria pengusaha yang hampir seimbang. Bahkan di negara-negara seperti Ghana, Nigeria dan Zambia, mayoritas wirausaha adalah perempuan.

Afrika Selatan (dan juga AS), menurut hasil Global Women Entrepreneur Leaders Scorecard Dell dan survei yang dilakukan dua tahun terakhir dari 31 negara yang aktif disurvei, ternyata aktif mempromosikan pertumbuhan wirausaha perempuan  dengan menerapkan kebijakan kesetaraan gender dalam proyek-proyek pengadaan publik.

Meski ada berbagai perbedaan ekonomi, budaya, politik, dan teknologi di seluruh Afrika, benua ini memiliki satu dari 10 ekonomi dengan pertumbuhan tercepat dunia dan memiliki potensi yang luar biasa sebagai inkubator generasi teknologi masa depan.

Secara umum, Afrika Selatan dipandang sebagai salah satu wilayah terdepan untuk para wirausaha muda dan negara ini telah menjadi barometer dari sejumlah kisah sukses internasional, dan tahun 2025 diperkirakan GDP Afrika Selatan akan tumbuh setidaknya 5% – 6%, setara dengan ekonomi negara-negara besar seperti Swedia, Taiwan, dan Inggris.

Jadi itulah alasan mengapa Dell akan menggelar konferensi wirausaha perempuan dunianya, Dell Women’s Enterpreneur Network Summit 2016, di Afrika Selatan tahun depan.

Tanggapan Kamu

komentar