Browser Opera Bisa Langsung Blokir Iklan

opera adblockerOSLO, PCplus – Sebal ya kalau pas buka situs Web langsung muncul iklan? Mengganggu dan bikin kinerja browser jadi lelet. Tak heran jika produk pemblokir iklan (ad-blocker) banyak dipasang orang di seluruh dunia.

 

Di AS misalnya, riset yang dilakukan Opera mencatat peningkatan pengguna ad-blocker 48%  dalam kurun waktu kuartal 2 2014 dan kuartal 2 2015. Di  seluruh dunia, peningkatannya 41%. Mayoritas (98%) adalah pemakai komputer pribadi.

“Iklan memang menghidupkan Internet, memungkinkan banyak layanan bisa disediakan secara gratis untuk pengguna. Tapi, sebagaimana ditunjukkan riset terbaru kami, kebanyakan halaman web  saat ini secara signifikan diperlambat oleh banyaknya iklan dan tracking.  Kami tidak mau menerima hal ini – kami ingin web  bisa menjadi tempat yang lebih baik untuk kita semua, sebagai pengguna,” kata Krystian Kolondra (SVP of Engineering and Head of Opera for Computers).

Agar iklan tidak menjadi pengganggu lagi, Opera telah mengintegrasikan fitur pemblokir iklan dalam versi developer terbarunya. Ini sekaligus menobatkan Opera sebagai browser untuk PC yang melakukannya.

Begitu diaktifkan dari opsi dialog, fitur pemblokir iklan Opera diklaim mampu mempercepat waktu loading sebuah situs web sampai 90%. Teknologi pemblokir iklan terintegrasi ini juga disebutkan memberikan pengalaman browsing 40% lebih cepat dibandingkan pemblokir iklan Adblock Plus dari pihak ketiga .

Ini, jelas Opera, karena proses filtering atau pemblokiran terjadi di level web-engine. Jadi browser memiliki kontrol penuh akan proses loading suatu halaman web — yang tidak bisa dilakukan oleh pemblokir iklan dari pihak ketiga.

Fitur pemblokiran iklan ini juga hadir dengan tolok ukur – sehingga pengguna, pembuat situs web, maupun penerbit konten dapat melihat seberapa banyak iklan dan software tracking yang memengaruhi waktu loading suatu halaman web.

Tanggapan Kamu

komentar