Planned Drives, Fitur Waze untuk Cegah Terlambat

waze etaJAKARTA, PCplus – Versi terbaru aplikasi komunitas pengendara Waze untuk iOS, yakni 4.3 sudah tersedia di App Store. Ada fitur baru bernama Planned Drives di versi ini. Apa ya fungsinya?

Seperti namanya, Planned Drives adalah rute perjalanan yang sudah kamu rencanakan sebelumnya. Jadi kalau kamu sudah ada janji untuk ketemuan di lokasi tertentu pada hari dan jam tertentu, kamu bisa memasukkan lokasi tujuan atau men-tap ikon Waze di ujung kiri bawah app versi 4.3 ke atas. Berikutnya, masukkan lokasi asal, tujuan, waktu dan tanggal kamu akan berangkat, lalu tap Save.

Nah, Waze akan memunculkan layar Planned Drives, menunjukkan jam-jam sibuk di sepanjang rute tujuanmu. Waze akan merekomendasikan waktu tepat untuk berangkat agar kamu tidak terlambat karena terhadang macet.

waze planned drivesO ya, kamu yang menjadwalkan perjalananmu untuk besok atau minggu depan akan mendapat peringatan dari Waze apabila sudah mendekati jadwal acara yang sudah kamu rencanakan itu. Waktu keberangkatanmu akan selalui diperbarui sesuai dengan kondisi jalanan real-time agar kamu terhindar macet. Kamu juga bisa mengubah lokasi asalmu kapan saja.

Untuk memaksimalkan waktu senggangmu, Planned Drives juga menyediakan rekomendasi grafis yang mengilustrasikan tingkat kemacetan 7 hari ke depan. Untuk menghitung kalkulasi waktu keberangkatan terbaik, Waze memperhitungkan kondisi jalanan berdasarkan algoritma cerdas, pengumpulan riwayat lalu lintas dan analisis prediktif.

O ya, Planned Drives tidak hanya menjawab pertanyaan “Kapan saya harus berangkat?”, tetapi juga menyediakan fitur Calendar Alerts dan Send ETA yang mempermudah pengelolaan waktu dan jadwalmu. Tapi kamu harus mengijinkan Waze mengakses kalender dan/atau Facebook agar janji temu dan event di Facebookmu otomatis masuk ke dalam Planned Drives. Ketika sudah berada di dalam mobil, kamu bisa memakai Send ETA untuk memberitahu teman dan keluarga bahwa kamu sudah mulai berkendara!

Eh Planned Drives ini hanya tersedia di iOS ya? Jangan kuatir, versi Android dijanjikan segera hadir.

Tanggapan Kamu

komentar