Raspberry Pi 3: Kini dengan Bluetooth dan WiFi

raspberry 3

Memperingati ulang tahun ke empatnya, yayasan Raspberry merilis produk terbarunya, Raspberry 3 Pi Model B. Sekilas, Raspberry terbaru ini mirip dengan versi sebelumnya, termasuk dari sisi harga.

Namun jika menilik lebih dalam, Raspberry Pi 3 ini memiliki banyak perbaikan dibanding versi sebelumnya. Raspberry terbaru ini menggunakan prosesor ARM Cortex A53 empat inti dengan kecepatan 1,2GHz. Prosesor ini diklaim memiliki kecepatan dua kali lipat dibanding Raspberry Pi 2, meski harus dikompensasi dengan konsumsi daya yang 1,5x lebih besar. Prosesor ini juga mendukung sistem 64 bit, yang menjadikan Raspberry 3 ini yang pertama mendukung 64 bit.

Sayangnya, Raspberry ini masih menggunakan memori berkapasitas 1GB saja.

Namun perubahan terbesar adalah Raspberry Pi 3 memiliki Bluetooth dan WiFi internal. Hal ini tentunya menjadi tambahan fasilitas signifikan mengingat pada Raspberry generasi sebelumnya, kamu harus menggunakan dongle khusus yang harganya bisa mencapai US20. WiFi-nya sendiri sudah mendukung 802.11n, sementara Bluetooh-nya versi 4.1 yang berarti mendukung Bluetooth standar dan LE (Low Energy).

Yang menarik, chip yang digunakan untuk WiFi dan Bluetooth internal itu adalah Broadcom BCM43438. Dibilang menarik karena chip ini sebenarnya juga memiliki fasilitas FM Receiver. Fasilitas radio FM ini tidak secara resmi disebut, namun besar kemungkinan Raspberry bisa disulap menjadi Radio FM dengan sedikit tweak.

Raspberry Pi 3 sudah bisa dipesan di situs Raspberry dengan harga US$35.

Tanggapan Kamu

komentar