Twitter, Sumber Informasi Utama Kelas Menengah Indonesia

 

twitterJAKARTA, PCplus – Laporan survei IPSOS terhadap 1750 responden di Indonesia, SIngapura, India, dan Arab Saudi mengungkap, 8 dari 10 pengguna Twitter di Indonesia adalah kalangan menengah atas. Yang menarik, sebanyak 57% dari kelas menengah atas mengakui Twitter sebagai sumber informasi utama untuk mendapatkan informasi dari pihak pertama.

Pihak pertama siapa maksudnya? Ah ternyata perusahaan penjaja produk barang maupun jasa. Dalam hal belanja, 58% akan mencari informasi terkait promosi melalui Twitter. Sebanyak 50% mencari informasi agar selalu sehat dan bugar.

Eh omong-omong produk apa sih yang diminati? Sebagian besar responden Twitter mengaku menghabiskan sebagian besar penghasilannya untuk membeli produk-produk ritel dan otomotif. Selama 12 bulan terakhir, mereka juga membeli kebutuhan rumah dan interior (81%), pakaian (80%), dan otomotif (72%).

Survei IPSOS juga menyebutkan, kalangan menengah atas pengguna Twitter di Indonesia ini 1,3x lebih mungkin menghabiskan uangnya untuk barang-barang dan pelayanan kelas atas di masa yang akan datang. Mereka juga 1,2x lebih mungkin untuk menjadi yang pertama mencoba produk-produk inovasi berteknologi tinggi.

Para responden pengguna Twitter dari kelas menengah ke atas bahkan berencana akan menambah alokasi belanjanya di masa depan. Kelas menengah atas di Indonesia menyebut ingin membeli peralatan rumah tangga (42%). Yang menarik, sejumlah 46% ingin beramal atau menggunakan penghasilannya untuk kegiatan sosial.

Tanggapan Kamu

komentar