Wah, Layanan 4G LTE Advanced Smartfren Makin Menyebar

 

pontianakJAKARTA, PCplus – Operator Smartfren tidak main-main mengembangkan jaringan 4G LTE Advanced-nya. Sudah 85 kota di Indonesia yang bisa menikmati jaringannya. Kini, jumlah itu bertambah satu lagi, yakni dengan kota Pontianak di Kalimantan.

“Komitmen kami untuk terus mempercepat pentrasi penggunaan 4G LTE di Indonesia, dan kini masyarakat Pontianak dapat turut menikmati layanan 4G LTE Advanced sama seperti kota-kota lainnnya di Indonesia,” kata Tom Alamas (Chief of Sales PT. Smartfren Telecom, Tbk).

Salah satu keistimewaan layanan 4G LTE Advanced Smartfren adalah teknologi VoLTE. Ini adalah layanan phone atau video call berbasis data yang mengandalkan teknologi LTE dari jaringan 4G LTE. Layanan ini sudah bisa digunakan sejak Februari lalu antar pengguna layanan 4G LTE Advanced Smartfren.

Masih bingung apa beda 4G LTE Advanced milik Smartfren dengan 4G LTE operator lain? Begini, Smartfren menggabungkan dua teknologi:  FDD (Frequency Division Duplex) yang berjalan di frekuensi 850 MHz dan TDD (Time Division Duplex) di frekuensi 2300 MHz. FDD memberikan jangkauan yang lebih luas, sedangkan TDD membuat download/akses Internet menjadi sangat cepat. Nah, kalau operator lain biasanya memilih salah satu teknologi, bisa FDD atau TDD.

Dalam pengembangan jaringan 4G LTE Advanced, Smartfren punya dua mitra infrastruktur: ZTE dan Nokia. ZTE mengembangkan infrastruktur 4G Smartfren di wilayah Timur Indonesia (Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali Lombok, Kalimantan, Sulawesi). Sedangkan Nokia menggarap pembangunan BTS 4G LTE Advanced di Indonesia bagian Barat (Jabodetabek, Jawa Barat dan Sumatera).

Tanggapan Kamu

komentar