Antara Deezer, Spotify, Guvera dan Joox

Ngopi MP3 ke smartphone? Udah gak jaman keles. Bukan apa-apa, sayang kan memori smartphone kamu keisi musik yang itu-itu saja. Mending buat download game, atau aplikasi keren lain. Terus, kalau mau dengerin musik gimana? Mulai deh beralih ke penyedia layanan musik online.

Memang sih, dengerin musik online bakal “memakan” kuota internet kamu. Tapi, paket data yang makin terjangkau serta kualitas jaringan yang kian luas setimpal deh buat kamu yang ngaku penikmat musik.  Apalagi, penyedia layanan musik online saat ini mulai menggelar layanannya untuk Indonesia. Yang terbaru adalah Spotify. Dengan pustaka musik sekitar 30 jutaan, kamu dijamin bisa menemukan banyak musik favorit di sini.

Terus, bagaimana dengan biaya dan layanannya? Tentu juga beragam. Yuk kita pilah kehebatan masing-masing penyedia layanan ini.

Deezer

deezer

Deezer adalah layanan musik online yang pertama kali PCplus coba. Kamu bisa lho dengerin musik-musik di Deezer secara gratis. Termasuk mencari musik favorit lantas menyimpannya ke playlist yang terhubung ke akun kamu. Nanti, saat diakses via PC desktop maupun gadget (mobile). Playlist ini akan terus “nempel” kayak perangko.

Tapi, di versi gratisan, kamu cuma bisa dengerin kualitas musik yang biasa saja. Kalau mau denger versi kualitas tertinggi, maka harus ikutan akun berbayarnya. Setelah bayar, selain bisa menikmati musik dalam kualitas tinggi, kamu juga bisa menyimpan musik favorit ke smartphone supaya bisa diputar tanpa koneksi internet.

Deezer juga terkenal dengan fitur Flow-nya. Kalau lagi malas milih lagu, klik saja tombol Play di bagian Flow ini. Oh ya, play list yang dibuat Flow secara otomatis itu dipilih berdasarkan preferensi genre kamu saat menikmati musik di Deezer. Pintar ya.

Di Indonesia, Deezer menggelar layanannya seharga 73 ribu per bulan. Kamu harus punya kartu kredit untuk membayarnya.

 

Guvera

guvera

Di Indonesia, Guvera cukup dapat tempat di hati penikmat musik online. Jangan heran ketika membuka situs web-nya atau aplikasi mobilenya kamu akan langsung disajikan dengan berbagai playlist Indonesia. Playlist-playlist yang kebanyakan dibuat sendiri oleh admin Guvera Indonesia itu bisa diputar gratis. Hanya saja, urutannya akan diacak (shuffle) dan kamu cuma bisa melewatkan (skip) 6 lagu.

Kalau mau bebas memilih lagu, kamu harus mengaktifkan akun berbayar. Nah, soal akun berbayar ini, Guvera punya banyak pilihan. Ada opsi bayar per minggu, per bulan, per 3 bulan, per 6 bulan dan pertahun. Terserah kamu mau yang mana. Yang pasti kalau kamu bayar langsung 6 bulan atau 1 tahun, bakal lebih murah dibanding bayar mingguan atau bulanan. Untuk mendengarkan musik favorit Anda – kita perlu uang. Mendapatkan mereka, Anda dapat di taman bermain

Di Indonesia, Guvera menggelar layanannya seharga 20 ribu per minggu, 55 ribu per bulan, 165 ribu per 3 bulan, 303,600 per 6 bulan dan 547,800 per tahun. Kamu harus punya kartu kredit untuk membayarnya.

 

Spotify

spotify

Spotify baru saja hadir di Indonesia. Kendati begitu, penggunanya sudah cukup banyak. Maklum, layanan yang berasal dari negeri Paman Sam ini memang dikenal punya basis data musik yang besar. Konon ada sekitar 30 juta lagu tersimpan dalam basis data Spotify. Termasuk-lagu lagu dalam negeri yang oke punya.

Agak beda dari yang lain, saat baru mendarat di Spotify kamu langsung ditawari untuk mengunduh aplikasi pemutar lagu khusus untuk bisa menikmati musik-musik Spotify. Tenang, wersi webnya juga tersedia kok. Cukup cari link Web Player di bagian bawah situs resminya. Atau kunjungi alamat web play.spotify.com. Dan, creng…, aplikasi versi web bisa langsung kamu nikmati.

Yang membuat Spotify berbeda dengan layanan musik lain adalah ketersediaan fitur Radio. Radio di sini bukan radio FM, melainkan Radio internet yang juga bisa kamu dengarkan. Bahkan di aplikasi desktopnya, Spotify bisa memutar lagu yang kamu simpan di harddisk.

Di Indonesia, Spotify menggelar layanannya dalam beberapa paket

  • Paket premium bulanan seharga 49,990  per bulan.
  • Paket premium tahunan seharga 599,880 per tahun.
  • Paket Family bulanan seharga 74,985 (2 orang), 99,980 (3 orang), 124,975 (4 orang), 149,970 (5 orang) 

Kamu harus punya kartu kredit untuk membayarnya.

 

Joox

joox

Joox adalah layanan musik yang hadir dari negeri tirai bambu. Kamu yang punya WeChat bisa kok menghubungkan akun kamu ke Joox. Tapi kalau tidak, maka Facebook adalah alternatif login lain lewat media sosial. Oh ya, untuk mendaftar Joox, kamu harus lebih dulu mengunduh aplikasinya di Android atau iOS. Pendaftaran harus dilakukan lewat sana. Setelah itu baru kamu bisa nikmati layanan besutan Tencent ini di web browser.

Joox punya layanan yang cukup lengkap. Termasuk pilihan play list siap dengar yang dibuat berdasarkan popularitas atau preferensi kamu saat mengalunkan musik di sini. Pilihan musiknya pun cukup banyak, termasuk musik dari artis lokal.

Soal fitur, Joox punya fasilitas seperti Deezer dan Guvera. Seperti unduh musik ke smartphone supaya bisa didengar tanpa koneksi internet. Serta beberapa fasilitas seperti yang ada di Spotify seperti radio internet. Yah, sepertinya Joox ini memang sengaja mengumpulkan semuanya untuk kenyamanan user.

Versi gratis Joox mirip Guvera. Lagu dishuffle saat diputar, tidak bisa diunduh serta berkualitas rendah saat diputar. Ada juga iklan yang diperdengarkan di versi gratis. Enaknya, saat pertama daftar, kamu diberi akun VIP gratis selama 1 bulan.

Di Indonesia, Joox menggelar layanan premiumnya seharga 25 ribu per minggu, 49 ribu per bulan, 139 ribu per 3 bulan, 259 ribu per 6 bulan dan 509 ribu per tahun. Kamu harus punya kartu kredit untuk membayarnya.

 

*Semua harga paket tertera diupdate tanggal 30 Maret 2016

Tanggapan Kamu

komentar