Hands-On: Ultrabook Lenovo Yoga 900-13ISK

05heroshotwin10gold1

Dok.Lenovo

Lenovo kembali menghadirkan ultrabook dengan tampilan keren yang menawarkan beragam feature unggulan melalui seri Yoga terbaru. Ultrabook Lenovo seri Yoga pertama kali diluncurkan pada ajang Computer Electronic Show 2012. Hingga kini, seri Yoga telah hadir dengan berbagai varian yang disesuaikan dengan spesifikasi serta kebutuhan pengguna yang beragam. Dan kali ini PCplus kedatangan seri Yoga 900 yang menggunakan spesifikasi tertinggi di seri tersebut.

Sebagai seri terbaru, ultrabook ini dipersenjatai dengan prosesor Intel i-series generasi ke-enam Skylake yaitu Intel Core i7-6500U dengan clock 2,5 GHz dan mampu digenjot hingga 3,1 GHz. Memori RAM-nya memiliki kapasitas 8 GB, sedangkan untuk kinerja grafis ultrabook ini cukup mengandalkan chip grafis bawaan yaitu Intel HD Graphics 520 dengan kapasitas memori 1 GB. Guna menunjang kinerja storage yang lebih gegas, ultrabook ini cukup menggunakan media SSD dengan kapasitas 256 GB. Asiknya, pada paket penjualannya telah termasuk sistem operasi Windows 10 Home.

Dok.Lenovo

Dok.Lenovo

Ciri khas dari seri Yoga adalah kemampuan engselnya yang bisa dilipat hingga 360°. Desain unik dan inovatif ini membuatnya bisa diubah ke empat posisi berbeda yaitu mode notebook (standar), tablet (dilipat hingga 360°), stand (berdiri dengan keyboard sebagai penyangga) dan tent (seperti posisi tenda). Empat mode berbeda ini membuat penggunaanya lebih variatif serta menarik. Hal ini berkat penggunaan engsel watchband dengan konstruksi tangguh yang dirancang agar kuat dan tahan lama meski digerakkan berkali-kali.

Lenovo-engsel

Dari segi fisik, ultrabook ini memiliki ukuran yang tipis dengan ketebalan sekitar 1,49 cm saja. Bobotnya pun cukup ringan yaitu sekitar 1,3 kg sehingga nyaman saat dibawa. Guna menunjang kebutuhan yang lebih beragam, Lenovo 900 mengusung layar sentuh. Dengan ukuran 13,3 inci, layarnya mendukung hingga resolusi Quad-HD yaitu 3200 x 1800 pixel. Ukuran ini tentu cukup nyaman guna memanjakan tampilan visual dengan resolusi super tinggi.

Ultrabook ini tidak banyak menyertakan beragam koneksitivitas. Koneksi yang ada cukup diwakili dengan port USB 3.0 di bagian kiri dan kanan. Port USB 2.0 disediakan satu yang juga bisa difungsikan sebagai koneksi untuk mengisi daya baterai. Selain itu, hanya terdapat port mini-HDMI dan card-reader yang mendukung 4 jenis kartu.

Lenovo-sisiYang unik pada sisi kanan menyertakan tombol Power berbentuk kecil dan bersebelahan dengan tombol lain yaitu AutoRotate dan BIOS. Tombol AutoRotate berguna saat perangkat difungsikan sebagai tablet karena berguna untuk mengubah posisi tampilan pada layar ke mode portrait atau landscape. Tombol BIOS memudahkan pengguna untuk masuk ke pengaturan BIOS tanpa harus repot menekan tombol F2, Del, atau lainnya, seperti pada notebook lain pada umumnya. Cukup menekan tombol tersebut saat notebook dalam kondisi mati dan notebook akan langsung menampilkan menu dengan pilihan, yang tidak hanya untuk masuk ke BIOS, tetapi juga untuk mengatur urutan untuk booting, serta system recovery.

Dengan segala daya tarik yang dimilikinya, Lenovo Yoga 900-13ISK dibanderol dengan harga Rp20.799.000 dengan masa garansi selama 2 tahun penuh.

Tanggapan Kamu

komentar