• Home »
  • Trik »
  • Biar Memori Tidak Penuh, Begini Cara Hapus Media Files WhatsApp

Biar Memori Tidak Penuh, Begini Cara Hapus Media Files WhatsApp

Memori smartphone-mu sudah penuh sehingga kamu tak bisa meng-update WhatsApp atau aplikasi lain? Hmm, mungkin biang keroknya adalah WhatsApp loh. Sebab banyak di antara kita yang tak henti mengirim dan menerima gambar dan video dari Whatsapp.

Memang mesin kompresi WhatsApp (WA) sudah memampatkan ukuran gambar dan video sebelum file-file itu dikirimkan — fitur yang berguna bagi kamu yang paket datanya terbatas dan kurang cepat. Namun lama-kelamaan file-file tersebut akan membuat memori sesak. Kamu yang punya slot memori SDcard sih mungkin tidak terlalu peduli. Namun mereka yang memori internalnya terbatas bisa mendapatkan ‘sedikit’ kelegaan  dengan membuang file-file WA tersebut.

Hmm, lalu bagaimana cara termudah menghapus seluruh media library WA di perangkat Android kita? Ada banyak cara sih. Namun di sini PCplus hanya memberikan dua cara terbaik.

  1. Buang Media File dengan Menggunakan File Manager

Seperti semua app Android lainnya, untuk menyimpan file-file medianya, WA menggunakan folder khusus di memori smartphone-mu. Kamu bisa menemukannya di folder SD card/WhatsApp/Media folder yang di dalamnya berisi sub-folder untuk audio, images, video dan voice. PCplus menggunakan ES File Explorer untuk tugas ini, tapi kamu bisa memakai file manager lain yang tersedia di Android.

 

delete wa1

Cara ini bisa dipakai kalau kamu hanya mau menghapus tipe tertentu dari media file. Ini misalnya file-file video untuk WA. Jadi kalau kamu mau menghapus semua video yang kamu kirimkan dan terima dengan WA, pilih saja folder WhatsApp Video, lalu hapus. Cara sama bisa kamu lakukan untuk file-file gambar dan audio. Mudah bukan? Tapi sebelum melakukan cara ini, silakan dulu backup file-file gambar yang kamu anggap perlu.

Eh tak perlu kuatir menghapus seluruh folder. Ketika kamu mengunduh sebuah video atau file media baru lainnya, WA otomatis akan membuatkan hierarki folder.

 

  1. Hapus Semua Media Files WA

O ya, membuang folder media WA bisa kamu lakukan melalui file explorer. Namun cara terbaik untuk menghapus semua media files adalah dengan menggunakan Android Storage Settings.

Di bawah Android storage settings, cari bagian Misc storage dan tap di situ. Lalu cari opsi WhatsApp dan beri tanda centang. Kamu akan bisa melihat jumlah ruang simpan yang disita di memori perangkatmu. Begitu opsi sudah dicentang, tap pada tombol Delete.

delete wa2 

delete wa3


Sayangnya menghapus media files WA akan menghasilkan tautan-tautan terputus di gallery Android-mu. Ini bisa kamu atasi dengan memilih Settings, lalu masuk ke bagian Apps. Di bagian All Apps, cari Media Storage, lalu tap dan bersihkan data app dengan menggunakan tombol Clear data.

Setelah itu, restart smartphone dan tunggu sampai ia membangun kembali database thumbnail.

 

delete wa4Catatan” Membersihkan app data WA dari Android Setttings akan menghapus seluruh media library WA, jadi hati-hati menggunakannya. Semua pesan mungkin akan terhapus, dan WA di-reset ke factory settings.

Tanggapan Kamu

komentar