Pastikan Keamanan, USB Flash Drive Kingston Bersertifikasi FIPS 140-2

kingston dt4000g2dmJAKARTA, PCplus – Apa sih sertifikasi FIPS 140-2? FIPS (Federal Information Processing Standard) adalah standar sekuriti komputer pemerintah AS yang digunakan untuk modul-modul kriptografis. FIPS 140-2 dibagi dalam empat tingkat sekuriti: Level 1 untuk standar sekuriti yang paling rendah sampai Level 4 untuk standar yang paling tinggi. Standar ini digunakan untuk mencegah kebocoran dokumen rahasia, termasuk yang bercokol di flash drive.  

Hmm, flash disk/drive memang sering menjadi biang kerok dokumen rahasia perusahaan bocor ketika ia hilang. Karena itulah sejumlah perusahaan, termasuk Kingston, menyematkan fitur sekuriti (enkripsi) pada flash drive yang ditujukan untuk pemakaian bisnis.

Biasanya sih yang dipakai adalah enkripsi secara software. Tapi ada juga yang hardware. Jika drive dienkripsi, tidak ada seorangpun dapat melihat apa yang telah kamu simpan di situ tanpa mengetahui kata kunci.

Nah dua USB flash drive terbaru Kingston, yakni  DataTraveler 4000G2  dan DataTraveler Vault Privacy 3.0 kini dilengkapi enkripsi hardware. Keduanya dilengkapi dengan 256-bit AES hardware encrypted dan sertifikasi FIPS (DT4000G2DM memiliki validasi FIPS 140-2 Level 3; DTVP30DM memiliki sertifikasi FIPS 197) untuk memastikan keamanan maksimum data perusahaan dan pribadi.

Eh iya, sertifikasi FIPS 140-2 beda dengan FIPS 197. FIPS 197 meneliti algoritma enkripsi hardware yang dipakai untuk melindungi data. Sedangkan FIPS 140-2 tingkatan proteksinya lebih tinggi karena juga mencakup analisis dari properti fisik produk. Maksudnya, desain dari papan sirkitnya tidak bisa diutak-atik, begitu juga datanya.

Kedua USB drive 3.0 terbaru Kingston ini dapat digunakan sebagai solusi pengelolaan melalui Safe Console Encryption Management Platform dari Data Locker Inc., yang merupakan mitra Kingston untuk manajemen USB drive terenkripsi. Safe Console merupakan satu-satunya platform secure USB management untuk keamanan USB drives dengan managemen kata kunci sejati – baik jarak jauh dan lokal. Platform ini memungkinkan reset ulang kata kunci yang terlupakan, aktivasi jejak audit penuh, geolokasi dan pagar area untuk memastikan lintas batas kompatibel, inventori otomatis dan fitur “remote kill”dalam hal kehilangan perangkat.

“USB drive manajemen enkripsi terbaru kami baru-baru ini mengakuisisi IronKey  dan kemitraan berkembang Data Locker semuanya menunjukkan komitmen Kingston untuk memberikan solusi USB yang paling aman dan keluarga enkripsi terbesar di pasaran,” kata Nathan Su (Direktur Penjualan Memori Flash Kingston, Wilayah Asia Pasifik).

Kingston DT4000G2DM dan DTVP30DM tersedia dalam kapasitas 4GB, 8GB, 16GB, 32GB dan 64GB, dengan garansi lima tahun, dan dukungan teknis gratis.

Tanggapan Kamu

komentar