Majukan UKM, Bukalapak Gandeng Bekraf

ki-ka: Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan CEO dan Founder Bukalapak Achmad Zacky menandatangani kesepakatan kerjasama

ki-ka: Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan CEO dan Founder Bukalapak Achmad Zacky menandatangani kesepakatan kerjasama

JAKARTA, PCplus – Di situs Bukalapak, kamu akan menemukan banyak penjual online dari berbagai daerah. Tawarannya bermacam-macam. Para penjual ini biasanya tergolong UKM. Bukalapak menjulukinya sebagai Pelapak.

Sebenarnya, para pelapak ini adalah jantung  penggerak perekonomian Indonesia, memberikan kontribusi serta  andil bagi badan usaha dan penyerapan tenaga kerja secara    nasional. Karena itulah Bukalapak menyebut mereka sebagai Pahlawan Pelapak.    

Nah demi memajukan para Pahlawan Pelapak agar dapat bersaing di era MEA (masyarakat ekonomi ASEAN), Bukalapak yang diwakili Achmad Zacky selaku CEO dan Founder Bukalapak telah menandatangani MoU dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang diwakili oleh Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

“Melalui  kerjasama  kami dengan Bekraf, kami berkomitmen untuk mengajak dan membantu 100.000 pelaku ekonomi kreatif untuk go online,” kata Achmad. Melalui kerjasama ini,    Bukalapak dan Bekraf berkomitmen untuk melakukan pendampingan pemasaran online, fasilitasi hak cipta, dukungan finansial, pengembangan talent, serta pembinaan pengembangan produk kreatif bagi para pelaku ekonomi kreatif di seluruh Indonesia.

“Bukalapak memiliki misi untuk bersama-sama memajukan para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia. Selain itu, dari 16 subsektor industri kreatif yang menjadi tugas pokok kami, tujuh di antaranya seperti fashion, kuliner, kerajinan,  musik,  desain komunikasi visual,  aplikasi dan pengembangan game, hingga seni rupa dapat kita kembangkan melalui kerjasama dengan Bukalapak. Lebih lanjut kita juga dapat memfasilitasi para pelaku  ekonomi kreatif ini agar dapat terus terkoneksi, terhubung dan bersaing di MEA melalui aplikasi Bukalapak,” papar Triawan.

Triawan mengatakan, platform e-dagang secara luas adalah keniscayaan untuk   
meningkatkan pasar produk ekonomi kreatif  Indonesia, baik untuk pasar nasional   
maupun internasional. Program Pahlawan Ekonomi Kreatif sangat relevan dengan sasaran Bekraf untuk meningkatkan kontribusi sektor ekonomi kreatif terhadap pertumbuhan perekonomian nasional, baik dari segi PDB maupun ekspor.

Kerjasama ini juga merupakan bagian dari kampanye program Sang Pahlawan dari Bukalapak untuk menginspirasi dan mendorong para pelaku UKM dan pembeli untuk    bersama-sama menjadi pahlawan dalam mendukung kemajuan ekonomi Indonesia.

Tanggapan Kamu

komentar