Seagate Innov8: Hard Disk Desktop Eksternal yang Hanya Butuh Satu Kabel

JAKARTA, PCplus – Hard disk eksternal untuk desktop (3,5”) besutan Seagate ini sungguh tak biasa. Ia tak butuh kabel power lagi sebagai pengasup daya. Cukup pakai satu kabel, yakni kabel USB saja.

Berkat teknologi Ignition Boost dan koneksi USB 3.1,  Seagate Innov8  memang tidak perluSeagate innov8c ditancapkan ke jala-jala listrik. Ini menjadikannya sebagai hard disk dektop pertama yang bebas dari koneksi outlet listrik. Sebab ia tidak butuh sumber daya atau adapter. Kamu cukup menancapkan kabel USB-C reversible untuk bisa mengakses data yang tersimpan di sana.

Lalu dari mana asupan daya untuk memutar piringan di dalam hard disk? Ah di dalam hard disk 3,5” tertanam baterai. Baterai inilah yang akan mulai menggerakkan piringan. Begitu drive sudah aktif dan bekerja, teknologi bus USB 3.1 akan bekerja untuk membuat Innov8 hidup dan baterai drive terus terisi dayanya.

Soal kapasitas, Innov8 mengemaskan 8TB. Artinya, kamu bisa menyimpan lebih dari 2 juta lagu, 4 juta foto dan 800 film HD.

Sedangkan dari sisi penampilan, Innov8 keren dengan enclosure alumunium. Kamu bisa menempatkannya secara horisontal atau vertikal di desktop. Desain keren Innov8 dihasilkan melalui kerjasama dengan HugeDesign Inc, sebuah perusahaan yang banyak dipakai oleh perusahaan elektronik konsumer seperti GoPro, HP dan Nike.

Hard disk ini dibekali software Seagate Dashboard, yang bisa dipakai untuk menjadwalkan backup secara on-demand satu-klik atau kustom. Tercakup pula cloud storage Microsoft OneDrive sebesar 200GB dan kompatibilitas software Lyve Minds, Inc.sehingga kamu bisa mem-backup, mengakses dan berbagi file-file favorit dari sebarang perangkat atau lokasi.

Tentu saja agar bisa memakai Innov8, kamu harus menggunakan komputer dengan port USB-C. Komputer dengan USB versi sebelumnya (1.x, 2.0, 3.0) tidak bisa dipakai. Tapi jangan kuatir, Apple dan Dell sudah merilis komputer tipe tersebut.

Hard disk eksternal Innov8 dijual melalui webstore Seagate, Amazon dan reseller lain mulai bulan April 2016. Harganya diperkirakan US$ 349.

Tanggapan Kamu

komentar