Sennheiser HD 800S, Penyempurnaan dengan ‘Dampening’ Baru

sennheiser hd 800s-1JAKARTA, PCplus – Selain closed driver headphone, Sennheiser menawarkan open headphone baru, HD 800S, dengan ear cup yang besar. Yang satu ini adalah versi baru dari model HD 800 yang disukai audiophile karena treble-nya yang bagus dan spasialitasnya yang memukau.

Secara fisik, ukuran dan bobot kedua headphone ini sama. Bedanya hanya terletak pada warna ear cup. HD 800 yang dirilis tahun 2009 itu berwarna silver, sedangkan HD 800S hitam. Namun HD 800S menggunakan sistem driver dampening baru yang dirancang untuk menghasilkan suara yang seimbang. O ya, bahan mirip suede yang digunakan di bagian dalam headphone ini water resistant, kuat tapi nyaman.

Apalagi ya bedanya? HD 800S dibekali kabel balanced dengan koneksi XLR 4-pin, dan  konektor jack biasa (unbalanced) yang 6,3mm. Kabel balanced cocok untuk dipasang ke amplifier yang punya output balanced, seperti Sennheiser HDVD 800.

Buat apa ya balanced cable itu? Berbeda dengan kabel unbalanced, kabel balanced mengemaskan dua tiga kawat di bagian dalam: dua untuk sinyal dan satu untuk grounding.

HD 800S menggunakan 56mm dynamic drivers — ukuran terbesar saat ini untuk sebuah dynamic headphone. Kendati begitu, distorsi suara bisa dikurangi, khususnya pada frekuensi tinggi. Kedalaman bass-nya, saat PCplus coba dalam acara Sennheiser Sound Forum di Jakarta (20/4/2016), bikin jantung berdegup kencang, tetapi nada tengahnya natural dan halus. Sementara respon frekuensinya sama dengan HD 800, yakni 4 – 51.000 Hz.

Ditujukan untuk kalangan audiophile, harga Sennheiser HD 800S merupakan produk  premium. Harganya, kata Kuan Wee Hong (Product Marketing Manager, Sennheiser Asia), adalah Rp 27 juta.

Produk audio Sennheiser, jelas Ng Chee Soon (President & Managing Director, Sennheiser Asia), memang tidak murah. “Tapi banyak yang ingin suatu saat akan membelinya berkat kualitasnya.

Tanggapan Kamu

komentar