Wah, Uber Resmi Ujikan Mobil tanpa Supir

 

uber self-drivingJAKARTA, PCplus – Self-driving car alias mobil tanpa supir mulai hadir di jalan-jalan raya. Nah Uber, aplikasi layanan pesan kendaraan online, secara  resmi mengumumkan sedang melakukan uji coba mobil tanpa supir. Sebenarnya sih, setahun sebelumnya mobil tanpa supir Uber itu pernah terlihat di jalan.

“Uji dunia-real kritital untuk upaya kami mengembangkan teknologi swa-kendara (self-driving), tulis jubir Uber Molly Spaeth dalam posting blog yang mewanti-wanti warga kota Pittsburg, AS akan “penampakan aneh”.

Ya uji mobil Uber tanpa supir itu dilakukan di Pittsburg. Beragamnya tipe jalanan, pola lalu lintas dan kondisi cuaca, kata Uber, membuat kota Pittsburg sebagai “lingkungan ideal” untuk menguji teknologinya.

Jadi, warga Pittsburg bisa melihat apa yang tampak seperti paduan dari mobil intel polisi  dan mobil van Google Street View. Itulah kendaraan uji dari Advanced Technologies Center (ATC) Uber. Hibrida Ford Fusion— memamerkan logo perusahaan dan banyak sensor – menjelajahi jalan-jalan, mengumpulkan data pemetaan dan bereksperimen dengan kemampuan otonom.

“Di masa depan kami percaya teknologi ini akan berarti lebih sedikit kemacetan, transportasi yang lebih terjangkau, dan lebih sedikit nyawa yang hilang akibat kecelakaan mobil,” tulis Spaeth. “Sasarannnya ada di jantung misi Uber untuk membuat transportasi bisa dipercaya seperti mengalirkan air – di mana pun dan untuk siapa pun.”

Pada Februari 2015, Uber bermitra dengan Carnegie Mellon University, AS untuk membuat ATC di kota Pittsburgh, AS. Di kota itulah mereka melakukan riset dan pengembangan pada teknologi pemetaan, keamanan kendaraan dan teknologi otonom.

Hmm, mungkin tidak ya teknologi ini dibawa Uber ke tanah air? Sabar, sebab di tanah air Uber masih sibuk mengurusi masalah perijinan untuk layanan mobilnya yang bersupir loh.

Tanggapan Kamu

komentar