English Bite: Belajar Satu Frasa Bahasa Inggris Tiap Hari

Untitled

Lembaga Pendidikan EF (English First) mengembangkan suatu aplikasi menarik yang memudahkan tiap orang untuk belajar bahasa Inggris dari mana saja dan kapan saja. Tidak sekedar bahasa Inggris seperti biasa, namun aplikasi ini lebih mengedepankan belajar frasa dalam bahasa Inggris.

Aplikasi dengan nama English Bite hadir guna memudahkan penggunanya dalam mempelajari frasa dalam bahasa Inggris dengan lebih mudah dan praktis melalui ponsel mereka. Penamaan English Bite sendiri didasari oleh metode pembelajaran bahasa Inggris yang tidak bisa sekaligus, namun harus dengan proses bertahap untuk memperoleh hasil yang maksimal. Oleh karena itu, English Bite lahir dengan moto “One Bite at a Time”. Berbeda dengan pelajaran bahasa Inggris di sekolah, pengguna dapat belajar 1 frasa baru setiap harinya yang dapat digunakan sehari-hari.

Antarmuka dan fitur

English Bite menggunakan tampilan sederhana yang dilengkapi dengan ilustrasi berupa gambar serta animasi sederhana. Hal ini membuat pembelajaran menjadi sedikit lebih menarik dan tidak membosankan. Pengaturan serta instruksi yang dihadirkan memang agak sedikit membingungkan bagi yang pertama kali mencobanya. Namun seiring waktu hal tersebut tidak menjadi kendala besar. Apalagi pada bagian Setting terdapat panduan yang bisa dijadikan acuan dalam menjalankan aplikasi ini.  interface

Fitur

Pembelajaran mengenai frasa dalam bahasa Inggris dimulai dengan contoh percakapan dari dua karakter. Dalam percakapan tersebut akan diselipi dengan frasa yang bisa dijadikan contoh agar pengguna bisa memahami penggunaannya dalam suatu kalimat atau percakapan.

Setelah selesai, pengguna bisa mengulang kembali atau langsung berlanjut dengan penjelasan dari frasa yang digunakan. Pada penjelasan tersebut, pengguna diharapkan bisa memahami beberapa hal dari frasa yang digunakan. Dimulai dengan penjelasan dari arti atau makna frasa yang disebut, lalu dibawahnya tertera penjelasan mengenai bagaimana penggunaannya dalam suatu kalimat atau perbincangan. Dan dilanjutkan dengan contoh lain berupa kalimat yang menyertakan frasa tersebut.

Jika kurang memahami dan ingin kembali ke contoh percakapan sebelumnya, pengguna bisa menekan ikon percakapan yang terdapat di sebelah kiri. Sedangkan jika ingin melanjutkan ke tahap pembelajaran berikutnya, tinggal menekan ikon Next yang terdapat di sebelah kanan.

Tahap berikutnya, pengguna akan ditantang untuk menjawab atau menyusun kalimat yang didalamnya menyertakan frasa. Dengan metode drag and drop kata yang ada, pengguna harus menyusunnya menjadi kalimat yang benar. Jika Anda berhasil menjawab, akan mendapat point dan dilanjutkan dengan pembelajaran berikutnya. Jika Anda gagal, bisa mengulang kembali.

soalLanjut ke tantangan berikutnya, Anda mesti memilih salah satu kata guna menjawab pertanyaan berupa arti dari frasa yang sedang dibahas. Tantangan akan terus berlanjut hingga beberapa pertanyaan dan hasilnya akan dinilai berdasarkan skor yang telah diraih. Jika berhasil menyelesaikan dengan baik, Anda akan naik level dan pembelajaran berlanjut ke frasa yang lebih kompleks.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda menantang rekan guna mendapatkan nilai terbaik melalui akun WeChat atau fitur Find a friend. Nantinya Anda bisa saling menjawab tantangan dan mengumpulkan nilai tertinggi dengan rekan tersebut.

kompetisi

Kesimpulan:

English Bite memang bukan ditujukan bagi pengguna yang baru belajar berbahasa Inggris, namun lebih diperuntukkan bagi mereka yang sudah mahir dan ingin lebih mengembangkan kemampuan mereka dalam menggunakan suatu frasa dalam percakapan sehari-hari.

Plus: Metode pembelajaran cukup bagus, disertai contoh dalam penggunaan sehari-hari, bisa berkompetisi dengan rekan, dilengkapi tutorial.

Minus: Mesti terhubung ke internet.

English Bite

Pengembang: Education First

Lisensi: Gratis

Dukungan sistem: Android 4.0 ke atas

Ukuran file: 6,4 MB

Situs: http://www.ef.co.id/englishfirst

Tanggapan Kamu

komentar