Tips dan Trik Seputar Chrome for Android

chromeforandroid

Bagi kamu yang ingin menggunakan peramban Chrome, banyak hal yang bisa digunakan agar segala fungsinya bisa dimanfaatkan secara optimal. Tidak hanya itu, pengetahuan yang lebih mengenai Chrome akan memudahkan Anda saat menghadapi permasalahan yang terkadang timbul dari peramban besutan Google ini. Ingin mengetahui lebih dalam mengenai tips pada Chrome? Berikut diantaranya:

Agar tidak terlacak

Ingin mengunjungi situs namun tidak ingin jejak (history) tersimpan dan terlacak? Gunakan saja mode Incognito. Dengannya segala aktivitas browsing tidak akan terlihat dan lebih aman. Aktifkan fitur ini melalui Menu dan tekan New Incognito tab. Otomatis akan terbuka tab baru dan kamu bisa langsung browsing dari sini. Pastikan untuk menutupnya setelah menjelajah internet. Jika lupa mengaktifkan mode ini, cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menghapus history atau riwayat situs yang telah dibuka. Caranya, tekan Menu>History dan tekan Clear Browsing Data.

Tampilkan suatu situs ke homescreen 

Jika sering mengunjungi situs yang sama, ada cara memudahkan yang bisa dicoba agar tidak perlu mengetikkan alamat tersebut berulang-ulang. Cukup pindahkan situs tersebut ke tampilan Homescreen agar suatu saat kamu tinggal menekannya saja jika ingin mengunjungi situs tersebut. Caranya, buka Chrome dan arahkan ke situs favorit tersebut. Tekan Menu (tiga titik di bagian kanan atas), tekan Add to Home screen. Berikan deskripsi untuk alamat situs tersebut guna memudahkan. Selanjutnya tekan Add untuk menyudahinya.

Paksa Zoom 

tiga

Cukup menyebalkan jika ada situs yang tidak bisa di-zoom dengan alasan tampilan yang terlalu kecil. Jika menemui hal ini kamu masih bisa melakukannya dengan cara khusus. Jalankan Chrome dan masuk ke Menu>Settings. Masuk ke Accesibility dan tekan Force enable zoom untuk mengaktifkannya. Kembali ke situs yang awalnya tidak bisa di-zoom dan lihat perbedaannya dimana sekarang hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menggunakan dua jari.

Simpan halaman situs ke PDF 

Terkadang kamu mendapatkan informasi penting dari suatu situs namun disaat bersamaan ingin menyimpannya agar bisa dibaca di kemudian hari. Chrome menyediakan fitur untuk menyimpan dan mengubah situs tersebut ke format PDF dengan mudah. Caranya, jalankan Chrome, masuk ke situs yang dituju, tekan Menu>Print. Pastikan bagian atas terdapat pilihan Save as PDF, tekan ikon berwarna hijau dan simpan file PDF tersebut ke folder tertentu.

Berpindah antar tab 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berpindah dari multiple tab di Chrome Android. Dan cara paling cepat dan mudah adalah dengan menekan tombol nomor yang ada di sebelah alamat situs. Namun untuk mengaktifkan cara ini ada hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Masuk ke Menu>Settings dan matikan Merge tabs and apps. Nantinya tiap membuka tab baru, di sebelah kolom alamat situs akan terdapat nomor yang menunjukkan banyaknya tab yang terbuka. Dari sini kamu bisa dengan mudah berpindah halaman dengan menekannya. Jika menutup salah satu tab atau semuanya, tekan Menu dan pilih Close all tabs.

Matikan fitur tracking

tujuh

Secara default, Chrome akan mengumpulkan data dari aktivitas berinternet penggunanya. Jika kamu menginginkan privasi, bisa coba mematikan fitur tracking yang ada di Chrome. Caranya, jalankan Chrome dan tekan Menu>Settings>Privacy. Geser ke bawah dan aktifkan fitur Do Not Track.

Matikan pertanyaan mengganggu

Secara default, Chrome mengaktifkan beberapa fitur yang menurut kami agak mengganggu. Pada saat membuka suatu situs, Chrome akan selalu menanyakan seperti apakah ingin mengganti tampilan bahasa. Agar tidak selalu timbuk pertanyaan tersebut tiap kali membuka situs, kamu mesti mematikannya terlebih dahulu. Masuk ke Menu>Settings>Site settings, geser ke bawah dan pilih Language, dari sini matikan fitur Google Translate.

Hemat penggunaan data 

Makin besar data yang diakses maka semakin besar quota yang terpakai. Hal ini tentu menjadi masalah bagi yang memiliki quota terbatas. Dan bagi kamu yang ingin lebih menghemat penggunaan data saat berinternet, ada cara mudah yang disediakan Chrome. Caranya, jalankan Chrome, tekan Menu>Settings. Geser ke bawah dan tekan Data Saver. Aktifkan fitur ini dengan mengubahnya ke posisi On. Dari sini bahkan kamu bisa memantau data yang bisa dihemat.

Game saat offline 

Saat koneksi internet mati atau terputus, Chrome menyertakan game sederhana yang bisa dimainkan untuk sekedar iseng. Game ini sebenarnya lebih tepat disebut easter egg atau fitur tersembunyi. Untuk mencobanya, matikan koneksi internet dan jalankan Chrome. Akan tampak gambar dinosaurus, tekan gambar tersebut sampai dinosaurus tersebut melompat dan berlari. Kamupun sudah bisa memainkannya dengan misi sederhana yaitu lompati rintangan yang ada agar dinosaurus bisa tetap berlari guna mengumpulkan skor tertinggi.

 

Tanggapan Kamu

komentar