Hore, Opera 38 Bikin Baterai Laptop Tahan lebih Lama

opera 38 battery lifeJAKARTA, PCplus – Ah senangnya bisa browsing lebih lama sekarang. Ini karena Opera baru saja merilis battery saver baru yang diklaim bisa mendongkrak usia baterai sampai 50% dibandingkan browser lain seperti Google Chrome.

Opera mulai menguji update ini pada Mei 2016 melalui developer channel-nya. Opera Software mengatakan, “Perlu beberapa waktu bagi kami untuk menormalisasi lingkungan uji kami, tetapi tantangannya tetap adalah mampu mengulangi uji beberapa kali agar hasilnya punya arti secara statistik. Mengosongkan baterai memakan waktu, mengisinya juga. Karenanya kami memperkirakan usia pakai baterai dari uji-uji lebih pendek yang sekarang bisa kami lakukan dengan tingkat keyakinan yang sangat tinggi.”

Hasil uji dengan battery saver baru diaktifkan menunjukkan Opera bisa membuat laptop lebih dingin rata-rata 3 derajat Celcius. Caranya adalah dengan mengurangi aktivitas di latar belakang, tidak terlalu sering membangunkan CPU berkat penjadwalan optimal dari JavaScript timers, secara otomatis mem-pause plug-ins yang tidak dipakai, dan menurunkan video ke 30 frames per second. Juga men-tune parameter video-playback dan memaksakan penggunaan hardware accelerated video codecs, mem-pause animasi dari tema-tema browser dan menyertakan ad blocker.

opera 38 coolerBegitu baterai laptop dicabut, ikon baterai akan muncul di sebelah field pencarian dan alamat di browser Opera. Kamu bisa mengklik pada ikon baterai untuk mengaktifkan power saver mode. Browser juga akan mendeteksi kapan baterai laptop menipis dan akan menyarankan pengaktifan power saver mode.

Opera 38 juga menyertakann customizable ad blocker, customizable photo themes, peningkatan speed dial, tombol Extension yang terlihat di panel sisi Speed Dial, dan dukungan Change in version untuk OS X.  Bowser Opera tersedia untuk semua paltform computing utama.

Tanggapan Kamu

komentar