Keren, IBM Masukkan Watson AI ke Mobil Cetak-3D SwaKendara

olliJAKARTA, PCplus – Dua tren – cetak 3D dan mobil swakendara (self-driving car) – telah disatukan oleh IBM melalui teknologi AI (artificial intelligence) Watson-nya. Hasilnya adalah sebuah mobil listrik bernama Olli.

Olli  bisa memuat 12 orang. Ia bisa dilihat berkeliaran di jalan-jalan di  Washington DC, AS, dan tak lama lagi juga di Las Vegas, AS.

Yang bikin beda Olli dengan mobil swakendara Google adalah pemanfaatan Watson Internet of Things (IoT) for Automotive. Ini adalah teknologi cognitive computing yang memungkinkan orang berbicara dengan kendaraan.

Para penumpang bisa bertanya pada Olli, ‘Apakah kita sudah sampai?’ dan ia -mudah-mudahan- akan menjawab dengan suara mantap. Mirip-mirip KITT-nya Knight Rider, tapi tanpa si aktor yang tampan ya.

Eh, Olli bukan cuma mobil yang bisa menjawab ya. Teknologi Watson IoT membantu mobil ini belajar saat ia mengantar para penumpangnya ke sana-sini dan mengumpulkan data dari lebih 30 sensor di sekitar chassis-nya.

Olli dirancang dan dibuat Local Motors. Co-founder John B Rogers Jr. mengatakan, “Olli dengan Watson bertindak sebagai pintu masuk kami ke dunia kendaraan swakendara, sesuatu yang sedang kami kerjakan diam-diam dengan komunitas co-creative kami tahun-tahun lalu. Sekarang kami siap mempercepat adopsi teknologi ini dan menerapkannya ke hampir semua kendaraan di portofolio kami sekarang dan di masa depan. Saya senang melihat apa yang komunitas terbuka kami akan lakukan dengan teknologi kendaraan mutakhir.”

Tanggapan Kamu

komentar