Yuk Nostalgia dengan Sistem Operasi Lawas

ilustrasi

Penasaran seperti apa tampilan sistem operasi generasi awal? Jika iya, berikut PCplus tampilkan beberapa tautan yang menyediakan simulasi dari sistem operasi yang pernah populer di masanya. Melalui metode tersebut, kamu tidak perlu repot-repot melakukan instalasi. Beberapa programmer telah mempermudah agar bisa menjalankannya langsung dari peramban saja. Berikut beberapa diantaranya:

Windows 1.0 

satua

Tahun 1985, Microsoft menghadirkan Windows 1.0 yang merupakan versi pertama sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI). Bagi yang ingin merasakan pengalaman menggunakan sistem operasi tersebut, tidak perlu repot memasangnya secara manual karena ada situs yang memudahkan untuk langsung mencobanya melalui peramban. Simulasi ini berjalan pada mode hitam putih dan kamu bisa menjalankan berbagai fungsi yang tersedia menggunakan bantuan mouse. Dengannya, kamu bisa bernostalgia bagaimana rasanya menjalankan aplikasi lawas yang ada seperti Reversi, Clock, Notepad, sampai Paint. Simulasi Windows 1.0 ini berjalan menggunakan konfigurasi sebuah komputer yang memiliki prosesor dengan clock 4,77 MHz dan RAM berukuran 256KB serta tampilan layar dengan resolusi CGA. Konfigurasi ini sesuai dengan spesifikasi IBM PC XT (Model 5160) yang juga termasuk harddisk dengan kapasitas 10 MB dimana telah terpasang Windows 1.0.1.

Mac OS System 7 

dua

James Friend tidak hanya membuat simulasi untuk Windows versi lawas saja, tetapi juga pada Mac OS System 7. Sistem operasi yang dirilis tahun 1991 disimulasikan berdasarkan Machintos Plus, sebuah komputer bikinan Apple yang diperkenalkan tahun 1986. kamu bisa menjalankan sistem operasi ini melalui peramban yang dilengkapi dengan tampilan komputer jadul tersebut. Melalui simulasi yang disediakan, kamu bisa menjelajah berbagai fungsi serta aplikasi yang ada seperti versi awal Microsoft Word for Mac ataupun aplikasi astronomi yaitu Orion. Simulator ini juga turut menyertakan tiga game klasik yang terdiri dari Shufflepuck, Risk ataupun Cannon Fodder.

Amiga 500 

tiga

Tahukah kamu bahwa penjualan komputer paling laris di Eropa sepanjang tahun 1980-an bukan perangkat PC ataupun Mac, melainkan Amigo. Disaat orang-orang membicarakan persaingan antara sistem Mac OS dan Windows, Amigo sempat populer dan merajai dari sisi penjuaklan karena terjual hingga 6 juta unit di seluruh dunia pada saat itu. Penasaran seperti apa tampilan sistem operasi yang digunakannya? Jika iya, kamu bisa mengunjungi situs emulator Amiga 500 yang akan menampilkan sistem yang digunakan pada tahun 1991. Didalamnya telah termasuk beberapa aplikasi yang asli tersedia pada Amiga 500, diantaranya versi awal dari aplikasi text to speech atau menyaksikan video animasi yang ada. Hanya saja simulasi ini menggunakan teknologi yang hanya bisa dijalankan menggunakan peramban Google Chrome versi 31 keatas.

PC DOS 5 

empat

Tentu banyak yang masih ingat sistem operasi DOS. Sistem operasi sebelum hadirnya Windows ini memang menjadi cikal bakal bagi Microsoft dalam menghadirkan sistem operasi yang diperuntukkan bagi PC. Bagi kamu yang ingin mengenang kembali masa-masa sebelum Windows hadir, emulator bikinan programmer asal Australia, James Friend, bisa menjadi pengelepas rindu bagi yang pernah menggunakannya. Dari sini kamu bisa menjalankan beberapa perintah dasar pada sistem DOS serta menjalankan fungsi yang dimilikinya. Tidak hanya itu, emulator ini juga menyertakan tiga game klasik yang sempat populer di masanya yaitu Wolfenstein 3D, Civilization, dan Monley Island.

Windows dan Mac OS versi lawas

Bagi yang ingin mencoba sistem operasi Windows secara lengkap dari masa ke masa, bisa mengunjungi tautan tersebut. Sistem operasi andalan Microsoft tersebut hadir secara simulasi dan masing-masing ditampilkan sesuai dengan tampilan defaultnya. Beberapa fungsi serta aplikasi yang tersedia memang tidak sepenuhnya bisa dijalankan, namun semua sudah cukup terwakili bagi yang ingin merasakan bagaimana perkembangan sistem operasi Windows dari masa ke masa.

Selain Windows, situs ini juga menawarkan banyak pilihan dari sistem operasi lawas milik Apple yang terdiri dari Mac OS 8.6, Mac OS 9.2, Mac OS X 10.2, serta Mac OS X 10.4. Tidak hanya itu, semuanya telah dilengkapi dengan aplikasi email client bawaan. Selain ajang nostalgia bagi penggunanya, sistem operasi tersebut bisa menjadi contoh yang mudah bagi mereka yang ingin mencoba seperti apa sistem operasi besutan Apple di generasi awal.

Tanggapan Kamu

komentar