Ponsel Terkena Spyware, Kenali Gejalanya

gejala ponsel terkena spyware

Jakarta, PCplus – Ponsel teranyar telah memiliki berbagai kemampuan yang menyaingi sebuah komputer desktop ataupun laptop. Sayangnya, hal ini juga terjadi pada ancaman pada sistem yang digunakan. Jika komputer dan laptop rentan terhadap serangan virus, spyware dan sejenisnya, begitu pula dengan ponsel. Kenali berbagai gejala ponsel terkena spyware. Apa ciri-ciri-nya? Berikut beberapa diantaranya yang mesti diwaspadai:

Baca Juga: Cara Mengamankan dan Mencegah Peramban Dari Serangan Berbahaya

Perhatikan perilaku aneh ponsel

Jika ponsel terkena spyware, ada kemungkinan ponsel akan menunjukkan hal aneh. Contohnya, lampu led yang menyala padahal tidak ada notifikasi, restart secara otomatis, atau menimbulkan bunyi tertentu meski notifikasi tidak ada.

Baterai lebih boros dari biasanya 

Yang dimaksud disini adalah baterai yang cepat habis padahal kamu tidak melakukan aktivitas yang memungkinkan hal tersebut. Bagi pengguna ponsel, biasanya sudah hapal dengan kemampuan baterai ponselnya. Nah, jika baterai lebih cepat habis dibanding biasanya, waspadalah, bisa jadi hal ini karena ada aplikasi pengintai atau spyware yang tersembunyi dan sedang bekerja tanpa diketahui.

Suara aneh saat menelepon

Perhatikan pula suara bising yang terjadi saat melakukan telepon. Jika mendengar bunyi bip atau suara aneh lainnya, bisa jadi aktivitas kamu sedang dipantau atau sedang direkam. Aplikasi perekam suara telepon biasanya suka menimbulkan suara-suara aneh tersebut. Gejala lain yang terjadi bisa berupa perubahan kualitas suara secara tiba-tiba saat melakukan telepon.

Sering restart dan shut down 

Spyware atau aplikasi pengintai juga bisa menyebabkan seringnya ponsel melakukan restart atau mati tanpa sebab. Jika kamu yakin sebelumnya ponsel sedang tidak bermasalah, bisa jadi hal tersebut karena telah ‘terganggu’ oleh serangan spyware dan sejenisnya. Atau Bisa jadi hal ini disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga yang terpasang di Android kamu. Jika yakin dengan aplikasi bermasalah tersebut, segera hapus sebelum hal mengganggu lainnya terjadi pada ponsel. Jika gejala masih terjadi, hal terakhir yang mesti dilakukan adalah lakukan reset. Jangan lupa untuk menyelamatkan terlebih dahulu data penting yang ada.

Suara asing saat ponsel tidak digunakan

Perhatikan jika kamu mendengar suara aneh saat ponsel sedang tidak digunakan atau dalam kondisi idle. Jika ini terjadi bisa dijadi ponsel bisa jadi kamu sedang diintai oleh spyware atau lainya.

Penggunaan data yang tinggi 

Aplikasi spyware sering menggunakan banyak data untuk mengirim informasi ke server mereka. Hal ini menyebabkan penggunaan data yang meningkat tanpa disadari. Pastikan kamu memantau penggunaan data secara berkala guna mencari tahu apakah ada penggunaan yang tidak wajar.

Terdapat delay saat shut down

Pernahkan proses shut down ponsel memakan waktu cukup lama dibanding biasanya? Jika hal ini berulang kali dan hasilnya sama, bisa jadi ini salah satu gejala ponsel sudah terjangkit spyware.

Perhatikan aplikasi aneh

Buka app drawer dan perhatikan apakah ada aplikasi baru yang terpasang padahal kamu tidak pernah memasangnya. Jika iya berhati-hatilah menjalankannya karena bisa jadi aplikasi ini telah disertai spyware yang akan menyerang dan mengintai ponsel secara tersembunyi. Jika dari app drawer tidak terlihat aplikasi aneh, coba periksa melalui Application Manager yang terdapat pada pilihan Settings.

Panas saat kondisi idle

Jika ponsel terasa panas yang tidak wajar padahal dalam kondisi idle atau tidak terpakai, bisa jadi aplikasi pengintai atau spyware sedang bekerja tanpa diketahui.

Ponsel menjadi lambat

Kombinasi antara hardware dan software (Android) saat ini telah dirancang agar mampu berjalan lancar. Jika tiba-tiba ponsel mengalami lag atau kinerjanya melambat padahal sebelumnya tidak demikian, bisa jadi ponsel telah terpasang spyware atau terintai melalui aplikasi berbahaya lainnya.

File atau folder asing

Jika memasang File Manager, perhatikan file atau folder yang ada. Pantau keberadaan file atau folder mencurigakan yang ada secara tiba-tiba. Jika menemukannya, bisa jadi ponsel telah terpasang pengintai atau spyware.

SMS atau pesan aneh

Meski jarang terjadi namun dilaporkan bahwa beberapa spyware juga mengirim pesan melalui SMS yang didalamnya terdapat kode atau simbol-simbol aneh. Jika kamu menemukan hal ini, segera lakukan pembersihan dan perlindungan untuk pencegahan selanjutnya.

Supaya lebih terlindungi coba unduh aplikasi anti malware yang tersedia di Google Play, seperti Eset Mobile Security atau Avast Antivirus.

Exit mobile version