• Home »
  • Trik »
  • Aplikasi Facebook Android bikin boros baterai? Ini Alasan dan Solusinya

Aplikasi Facebook Android bikin boros baterai? Ini Alasan dan Solusinya

ilustrasi

Baterai ponsel terasa boros? Coba periksa apakah kamu menggunakan aplikasi Facebook? Jika iya, bisa jadi hal ini yang membuat baterai boros. Kok bisa? Dalam beberapa kasus, aplikasi Facebook memang ditenggarai sebagai salah satu penyebab dari gejala tersebut. Dan untuk mengatasinya, disarankan untuk menghapusnya. Ada tiga alasan pokok mengapa sebaiknya menghapus aplikasi Facebook for Android.

1. Boros baterai

Facebook diklaim menggunakan konsumsi daya baterai yang cukup besar sehingga di beberapa kasus membuat baterai ponsel menjadi lebih boros. Jika kapasitas baterai terbilang kecil, menghapus aplikasi ini bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat penggunaan baterai.

2. Facebook versi mobile tidak kalah bagus

Selain melalui aplikasi, Facebook juga bisa diakses melalui peramban. Dengan tampilan versi mobile tersebut, ternyata kemampuannya tidak kalah dengan versi aplikasinya. Melalui peramban (terutama Google Chrome), penggunaan konsumsi daya jauh lebih rendah. Membuka melalui peramban, setelah melakukan login akun, Chrome akan menanyakan apakah kamu ingin menerima push notification langsung dari Facebook. Jika fungsi ini diaktifkan, otomatis kamu akan selalu mendapatkan notifikasi meski sedang tidak menggunakan peramban. Namun ada pula beberapa fungsi yang tidak berjalan di Facebook versi mobile, diantaranya yaitu Instant Articles dan Auto-like post.

3. Kinerja ponsel akan meningkat

Banyak kasus yang menyebutkan bahwa menghapus aplikasi Facebook, selain menghemat baterai ternyata juga meningkatkan kinerja ponsel. Terutama bagi ponsel lawas maupun yang memiliki kapasitas baterai yang kecil.

Pasang shortcut Facebook versi mobile di Android

Setelah menghapus aplikasi Facebook for Android, kamu bisa menggantinya dengan shortcut Facebook menggunakan peramban dan memasangnya di Homescreen. Berikut caranya:

  1. Perlu diketahui bahwa fitur notifikasi hanya akan berfungsi pada peramban Google Chrome karena peramban ini mendukung push notification, jadi pastikan untuk menggunakan peramban ini. Pertama-tama buka peramban ini, masuk ke Menu, tekan Settings>Site settings>Notifications, pastikan fitur ini aktif.
  2. Jalankan peramban. Arahkan ke alamat facebook.com (nantinya secara otomatis alamat tersebut akan menjadi https://m.facebook.com).
  3. Lakukan login menggunakan akun Facebook. Saat pertama kali mengunjungi situs tersebut, kamu akan ditanyakan bahwa Facebook akan mengirim notifikasi. Tekan Allow dan notifikasi akan muncul melalui Google Chrome.
  4. Jika tidak menginginkan notifikasi, kamu bisa mengubahnya dengan menekan tombol Menu pada Chrome. Tekan Settings>Site settings, dibawah pilihan Advanced, tekan Notifications, dan hapus notification permission dari situs facebook.com dengan cara menekannya dan pilih Clear & Reset.
  5. Langkah berikutnya adalah menampilkan ikon Facebook dari peramban tersebut ke Homescreen. Buka peramban Chrome dan masuk ke Menu, tekan Add to Homescreen, beri nama shortcut dan tekan Add. Selesai, kini shortcut Facebook versi mobile menggunakan peramban bisa langsung digunakan, dimana cara ini tidak akan menggunakan konsumsi baterai yang besar seperti pada versi aplikasinya.

Tanggapan Kamu

komentar