• Home »
  • Fitur »
  • Empat Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Menjual Perangkat Android Lama

Empat Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Menjual Perangkat Android Lama

 

smartphoneBerniat menjual perangkat Android lama agar kamu bisa membeli smartphone baru yang high-end? Jika kamu menjawab ya, perhatikan hal-hal di bawah sebelum kamu benar-benar memindahtangankan ponselmu. Kamu harus memastikan tidak ada data penting tertinggal pada perangkatmu agar data tersebut tidak disalahgunakan pembeli perangkatmu. Kamu juga harus memiliki salinan dari semua data penting yang ada di perangkat tersebut.

 

Nah, jika kamu sudah siap menjual ponsel atau tablet Android-mu, silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk memastikan tidak ada hal buruk yang akan menimpa kamu nantinya.

  1. Backup Semua Data Ponsel
    Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menjual smartphone adalah membuat backup dari semua data yang ada. Kamu tentu tidak mau kehilangan data penting yang ada di handset lama  bukan?  Kamu bisa menyalin semua data ke PC dengan cara mengoneksikannya via kabel USB, atau dengan mengunggah semua file ke layanan cloud seperti Dropbox, Google+, dan OneDrive.

Cara paling mudah mem-backup data ponsel Android adalah dengan menggunakan akun Google Drive-mu. Kamu bisa mem-backup semuanya: foto, data app, bookmarks, calendar, contacts, dan bahkan seting jaringan Wi-Fi. Untuk melakukannya, masuk ke Settings > Accounts > Google account dan pilih semua data yang ingin kamu sinkronisasi untuk backup.

  1. Factory Reset
    Setelah mem-backup semua data penting, kamu harus menghapusnya dari ponsel. Ini untuk mencegah pemilik baru mendapatkan data pentingmu. Melakukan factory reset akan menghapus semua data pada ponselmu, tidak terkecuali foto, musik, dokumen, app terpasang, contacts, calendar, dan pesan-pesan. Untuk melakukannya, masuk ke  Settings > Backup & reset > Factory data reset.

  2. Keluarkan Kartu Memori
    Jangan lupa mengeluarkan kartu memorimu. Mungkin kamu ingin terus menggunakannya di perangkat baru. Jika kamu mau menghibahkan kartu memori, pastikan isinya sudah di-backup, lalu hapus isi kartu. Kamu bisa menghapus kartu SD dengan masuk ke Settings > Storage, lalu men-tap ‘Format SD card’.

  3. Bersihkan
    Ini hal kecil, tapi cukup penting. Membersihkan perangkat bisa membantu kamu mendapatkan harga jual yang lebih baik. Menyeka layar, membersihkan debu dan membersihkan bagian dalam port akan membuat perangkatmu bersih dan terkesan baru.

Tanggapan Kamu

komentar