Sepuluh Fitur Terbaik yang Ada di Peramban Microsoft Edge

microsoft-edge

Pada Windows 10 (baik versi desktop maupun mobile, Microsoft menyertakan peramban besutan mereka yang bakal menggantikan Internet Explorer (IE), yaitu Edge. Sebagai pengganti IE, Edge merupakan salah satu cara Microsoft untuk mengembalikan pamor peramban mereka yang sebelumnya kalah bersaing dengan peramban populer lain seperti Google Chrome ataupun Mozilla Firefox. Dengan Edge, diharapkan pengguna akan mendapatkan pengalaman web yang lebih baik, cepat, serta kompatibel bagi situs-situs modern. Berikut 10 fitur yang akan membuat pengalaman menjelajah internet menjadi lebih menyenangkan:

1. Cortana sebagai asisten pencarian

Sebagai asisten pribadi Cortana juga disematkan di peramban Edge. Dengannya, pengguna menjadi makin dipermudah dalam melakukan pencarian dengan lebih cepat menggunakan suara. Dalam prosesnya, Cortana bekerja sama dengan mesin pencari Bing. Sebelum menggunakannya, aktifkan terlebih dahulu Cortana systemwide, dan ubah pengaturan dalam Advanced settings menjadi Get Cortana to assist me in Microsoft Edge.

2. Pilihan tema

Microsoft Edge memungkinkan pengguna untuk memilih tema yang berbeda. Meskipun saat ini hanya terdapat dua pilihan tema di Microsoft Edge yaitu Light dan Dark. Meski masih terbatas namun hal ini menunjukkan bahwa kedepannya Microsoft mengijinkan pengguna untuk memilih tema yang diinginkan. Untuk memilih tema, klik More Action>Settings dan pilih tema yang tersedia.

3. Pin situs ke start menu

Jika menemukan situs favorit, pengguna bisa dengan mudah memanfaatkan fitur Pin to Start. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk mengakses situs tersebut di kemudian hari dengan menampilkannya ke Start menu. Pilihan terdapat pada menu More Action di sudut kiri.

4. Berbagi melalui Share Panel

Microsoft Edge memiliki panel berbagi (Share Panel) yang terintegrasi sehingga pengguna dapat dengan mudah untukĀ  berbagi konten yang ditemukan saat melakukan aktifitas browsing. Untuk mengaksesnya klik ikon Share di bar pada bagian atas. Share Panel mempunyai berbagai aplikasi seperti facebook, email dan lainnya yang sudah diaktifkan. Kamu juga dapat meningkatkan jumlah pilihan share dengan menginstal aplikasi baru dari Windows Store.

5. Menambahkan catatan langsung pada halaman web

Microsoft Edge memungkinkan pengguna untuk menambahkan catatan web mereka sendiri pada halaman web. Untuk melakukannya, klik pada Make a Web Note tombol di bar bagian atas (ditandai dengan ikon kertas dan pena). Dari sini pengguna dapat memberikan tanda secara langsung pada halaman web yang ingin ditandai, pengguna juga bisa mencorat-coret seperti di Paint. Selain itu pengguna juga dapat menyimpan catatan web baik untuk dijadikan Favorite atau dimasukkan pada folder Reading List. Dengan mengklik pada ikon Sharing, pengguna juga dapat mengirim catatan melalui email, atau berbagi di situs media sosial yang berbeda.

6. Reading view

Salah satu fitur baru yang cukup menarik adalah Reading View. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna akan mendapatkan tampilan web yang lebih luas dan bersih dari segala gangguan seperti iklan pop-up, bagian komentar, widget sidebar, dan gangguan lainnya yang menjengkelkan. Setelah diaktifkan, seluruh hal tersebut akan disembunyikan sehingga dapat memberikan kenyamanan yang lebih baik saat hendak membaca konten dari suatu situs. Tampilan antarmuka yang minimalis dan elegan, mengingatkan pada RSS reader.

7. Fitur Reading List

Fitur ini mirip dengan aplikasi Pocket, meski pengguna tidak dapat menambahkan tag sendiri, tetapi dapat menggunakannya di mana saja tanpa terikat ke aplikasi pihak ketiga. Pengguna dapat menambahkan halaman web ke Reading List dengan mengklik ikon Favorit di bar atas dan memilih Reading List tab. Untuk mengaksesnya, klik ikon Hub yang terletak di bar atas. Artikel yang disimpan akan menjadi satu dengan yang artikel lain. Sayangnya, tidak semua situs sudah mendukung fitur ini.

8. Fitur keamanan

Microsoft Edge tidak mendukung ekstensi browser yang dapat digunakan untuk eksploitasi seperti ActiveX, vml, dan skrip VB. Hanya satu bahasa scripting diperbolehkan dan itu adalah JavaScript. Di sisi lain, jika pengguna memiliki situs web yang masih tergantung pada ActiveX, pengguna harus pindah ke HTML5 atau teknologi baru. Ada fitur keamanan keren lainnya di Microsoft Edge seperti Process Login Edge, sandboxing, Microsoft SmartScreen, dan lain-lain. Sedangkan fitur keamanan seperti Smart Screen Filtering dan Cookie Management bisa ditemukan di dalam panel Advanced Settings.

9. Menganalisa kinerja suatu situs

Developer Tools di Edge punya tampilan serta beberapa fitur baru. Fitur ini bisa diakses dengan menekan tombol F12 seperti di Internet Explorer. Selain itu bisa pula diakses melalui pilihan More Actions yang terdapat di atas menu bar. Pilihan Unified Performance Profiler dapat ditemukan di tab Performance, dan tujuannya adalah untuk membantu mengetahui jika suatu situs sulit diakses.

10. Kompatibilitas dengan Internet Explorer

Microsoft Edge masih terintegrasi dengan memiliki kompatibilitas dengan Internet Explorer. Hal ini bisa menjadi alternatif, terutama bagi mereka yang terbiasa dengan tampilan IE atau memiliki alasan lainnya. Jika ingin membuka suatu situs di IE 11, pengguna tinggal memilih Open With Internet Explorer dari opsi More Action pada panel sidebar.

Tanggapan Kamu

komentar