KlikDokter: Serasa Memiliki Dokter Pribadi di Ponsel

klikdokter-app

Kesehatan adalah harta yang tidak ternilai harganya. Tidak salah jika ada pepatah bahwa sehat itu mahal. Apalagi bagi yang tidak memiliki tunjangan, berobat ke klinik, puskesmas, atau rumah sakit memerlukan biaya yang kadang tidak sedikit. Oleh karena itu menjaga kesehatan merupakan hal yang wajib menjadi perhatian penting.

Untuk menjalani hidup sehat, terkadang kita membutuhkan bantuan dokter atau orang yang mengerti mengenai masalah kesehatan. Namun untuk konsultasi, dibutuhkan biaya yang terkadang tidak sedikit. Nah, bagi Anda yang ingin mencari informasi kesehatan secara gratis, bisa memanfaatkan layanan KlikDokter yang hadir melalui situs resminya maupun melalui aplikasi mobile yang tersedia bagi platform iOS dan Android.

Antarmuka dan Fitur

Pertama dijalankan, KlikDokter langsung menampilkan halaman muka yang terdiri dari highlight berbagai artikel. Untuk melihat artikel-artikel tersebut tinggal di geser ke atas. Artikel tersebut disusun berdasar kategorinya. Tampilannya cukup menarik dan informatif sehingga pengguna bisa memilih kategori yang disediakan. Dengan latar bernuansa biru muda, pilihan menu tersedia di bagian bawah dan tidak tersembunyi, seperti kebanyakan aplikasi mobile pada umumnya.

klikdokter-04

Pada halaman utama, pengguna akan disuguhkan dengan berbagai highlight artikel yang terdiri dari beberapa kategori. Tiap kategori menyertakan beragam artikel yang diurutkan berdasarkan waktu tayangnya. Segala informasi yang ditampilkan KlikDokter didapat dari narasumber terpercaya yang terdiri dari sederet dokter dengan berbagai keahlian, mulai dari kesehatan anak, kesehatan kulit, kecantikan, masalah alergi, kebidanan dan kandungan, tumbuh kembang anak, gizi balita, kanker, gaya hidup, sex dan andrologi, kolesterol, diabetes, sampai dengan masalah rumah sehat dan lain-lain akan menjawab permasalahan Anda.

Sebagai pelengkap terdapat fitur dengan nama Heatlh Tools. Fitur ini berisi tips penting seputar kesehatan serta pemeriksaan sederhana mengenai keluhan yang kemungkinan terjadi. Dengan melalui beberapa test yang disajikan, nantinya aplikasi ini akan menganalisa gejala apa saja yang sedang dirasakan oleh si penderita. Anda bisa melakukan pemeriksaan sederhana seperti kalori, gangguang depresi, kalender kehamilan, hingga Info P3K.

klikdokter-03

Yang menarik, pada bagian Other, aplikasi ini juga menyediakan informasi berupa Slode Show serta video. Tersedia pula informasi mengenai istilah-istilah dalam dunia kesehatan maupun kedokteran beserta penjelasan dan pengobatannya.

KlikDokter juga menyediakan layanan tanya jawab melalui fitur Live Chat serta Tanya Dokter. Pada Live Chat, aplikasi ini akan memberikan waktu untuk bertanya jawab dengan para dokter secara langsung. Namun untuk fitur ini waktunya terbatas dan ditentukan oleh admin yang bersangkutan. Sedangkan untuk fitur Tanya Dokter, pengguna bisa memberikan pertanyaan yang nantinya akan dijawab oleh dokter yang berkompeten dan akan ditayangkan setelah melalui proses moderasi.

klikdokter-02

Kesimpulan

KlikDokter merupakan aplikasi yang tepat dan cocok bagi Anda yang butuh informasi mengenai kesehatan. Informasi yang disediakan sangat lengkap, tidak hanya berupa tulisan dan gambar saja, tetapi juga berupa video dan slideshow. Update kontennya pun berkala. Anda yang ingin bertanya disediakan sarana untuk melakukan interaksi dengan para dokter ataupun pengguna lainnya.

Plus: Tiap kategori diasuh oleh dokter resmi; informasi berupa teks, gambar, video dan slide show; update konten secara berkala; ada fitur tanya jawab.

Minus: Harus dalam kondisi online.

KlikDokter

Pengembang: Karsa Lintas Buwana

Lisensi: Gratis

Dukungan sistem: Android 4.0 ke atas, iOS 7.0 ke atas

Ukuran file: Android: 5,6 MB, iOS: 8,4 MB

Situs: http://klikdokter.com/

Tanggapan Kamu

komentar