Tokopedia Raih Penghargaan Khusus di Top 50 Most Valuable Indonesian Brands 2016

toko_

Tokopedia belum lama ini menuai prestasi positif dengan meraih penghargaan khusus di Brandz Top 50 Most Valuable Indonesian Brands 2016. Acara ini digawangi oleh WPP dan Millward Brown, sebuah lembaga penelitian global yang melakukan survei dan penilaian terhadap berbagai brand Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik serta tingginya keyakinan konsumen Indonesia merupakan landasan yang mendasari WPP dan Millward Brown untuk memilih Indonesia sebagai objek riset tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh WPP dan Millward Brown menunjukkan, Indonesia merupakan lokasi dinamis bagi perkembangan sebuah merek, serta mampu memberikan kesempatan pada merek tersebut untuk membangun hubungan yang kuat dengan konsumen.

Dalam ajang ini, Tokopedia masuk ke dalam Top 50 Valuable Indonesian Brand di peringkat ke-2 dalam kategori One To Watch. Ini karena Tokopedia dianggap memiliki potensi pasar brand yang cukup luas di sektor start-up di Indonesia setelah Traveloka, dan disusul oleh Bukalapak di peringkat ke-3. Tokopedia juga dianggap memiliki nilai jual yang tumbuh sebesar 22% seiring dengan tumbuhnya daya beli masyarakat, khususnya di segmen berbelanja online.

Seiring pesatnya pertumbuhan pasar e-commerce dalam negeri, Tokopedia dan Lazada dinilai memiliki penguasaan pasar yang cukup signifikan di dalam negeri. Pasalnya, hampir sebagian besar masyarakat dalam berbelanja online lebih familiar mengingat Tokopedia dibandingkan yang lainnya. Bahkan dalam hasil surveinya, ternyata Tokopedia masuk dalam brand yang memiliki pengaruh besar di segmen top brand di Indonesia, yaitu berada di urutan ke-19 di atas Lazada yang berada di urutan ke-20.

Menurut Raja Singh (Pimpinan WPP Indonesia), daftar Top 50 Indonesian Valuable Brand ini diharapkan membantu perusahaan berinvestasi pada brand yang ada. Investasi akan membentuk merek yang kuat akan memberikan keuntungan yang besar bagi pemangku kepentingan dan memberikan keuntungan keuangan bagi sebuah bisnis. Indonesia merupakan negara keempat yang memiliki peringkat BrandZ-nya sendiri. Sebelumnya penelitian ini telah dilakukan di beberapa negara lain seperti Cina, India dan Amerika Latin.

Tanggapan Kamu

komentar