3C Wireless Jadikan 20 Top Bank di Indonesia Target

 

atmJAKARTA, PCplus – Banyak perusahaan merujuk Indonesia sebagai pasar yang besar. Tidak terkecuali perusahaan teknologi finansial M2M (machine-to-machine) seperti 3C Wireless.

Perusahaan yang bermarkas besar di Australia ini menjadikan bank-bank di Indonesia sebagai target pasar terbesar ketiganya.Tawarannya adalah solusi 3CSN (3C Secure Network), yang disebut bisa membantu perbankan men-deploy mesin-mesin ATM (anjungan tunai mandiri) di sebarang lokasi, termasuk di kawasan pedesaan, secara cepat dan murah.

“Selama ada akses nirkabel, bisa,” kata Mark Gamon (Founder & Managing Director, 3C Wireless) dalam jumpa pers di Jakarta (24/8/2016). Ini, terangnya, karena solusi yang ditawarkannya bisa bekerja di semua jaringan operator telekomunikasi. “Tidak tergantung satu operator. Bisa Indosat, Telkomsel dan XL. Otomatis pindah antar carrier, sehingga tidak ada downtime.”

Dibandingkan koneksi yang dipakai perbankan untuk menghubungkan mesin ATM-nya saat ini, yakni VSAT, koneksi nirkabel yang dipakai solusi 3CSN tidak hanya menawarkan kecepatan, tapi juga lebih murah dan mudah diterapkan. Menurut Robert Huddleton (Chief Technology Officer, 3C Wireless), koneksi VSAT berkecepatan rendah, di bawah 64kbps dan perlu piringan satelit yang besar dan mahal. Sedangkan solusi nirkabel, apalagi 4G, menawarkan kecepatan megabit. “4G bisa 100x lebih cepat,” katanya.

Men-deploy perangkat dengan 3CSN diklaim semudah memasang SIM cards pada 3CSN Router. 3CSN router adalah router nirkabel yang dipasang di dalam perangkat remote, seperti ATM dan kiosk. 3CSN menyediakan koneksi TCP/IP langsung antara ATM dan host. Semua trafik dienkripsi dari 3CSN router ke data center bank.

Saat ini, tutur Gamon, solusinya sudah digunakan oleh 10 bank di tanah air, antara lain bank Muamalat, bank Mandiri Syariah, BTN, bank Panin, bank CIMB Niaga, Maybank, BNI dan bank DKI. Dalam beberapa tahun ke depan, 3C Wireless menargetkan produknya digunakan oleh 20 bank besar lainnya. “Di Indonesia ada pertumbuhan masif untuk ATM dan kiosk,” terangnya. Ia juga berharap bisa menciptakan standar baru untuk koneksi ATM nirkabel di tanah air.

Tanggapan Kamu

komentar